BolaSkor.com - Edisi pertama turnamen buatan UEFA, UEFA Nations League, berakhir untuk kemenangan juara Piala Eropa 2016, timnas Portugal. Selecao meraih kemenangan dengan skor tipis 1-0 atas Belanda.

Pertandingan berjalan ketat di Estadio do Dragao, Senin (10/6) dini hari WIB. Belanda asuhan Ronald Koeman turun dengan kombinasi pemain muda-senior berpengalaman. Di antaranya ada: Matthijs de Ligt, Virgil van Dijk, Jasper Cillessen, Daley Blind, Frenkie de Jong, dan Memphis Depay, dalam taktik 4-3-3.

Sementara itu Portugal asuhan Fernando Santos memainkan taktik 3-4-3 dengan menurunkan pemain-pemain seperti: Cristiano Ronaldo, Bernardo Silva, Goncalo Guedes, Ruben Dias, Bruno Fernandes, dan William Carvalho.

Belanda mengambilalih penguasaan bola sepanjang laga dengan catatan 57 berbanding 43 persen Portugal. Duet bek tangguh Belanda, De Ligt dan Van Dijk, juga berhasil menghentikan Ronaldo, pencetak hattrick gol ke gawang Swiss di semifinal.

Baca Juga:

Gareth Southgate Ungkap Faktor Utama Timnas Inggris Gagal Melaju ke Final

Pemain Anyar Barcelona Paling Bersinar pada Duel Inggris Vs Belanda

Cristiano Ronaldo Diprediksi Terus Bermain di Level Tertinggi hingga Piala Dunia 2022

Timnas Portugal

Kendati demikian, Portugal paling rajin menciptakan peluang melalui 18 total percobaan tendangan dan tujuh tembakkan tepat sasaran. Sementara Belanda hanya melepaskan empat percobaan tendangan dan hanya satu yang mengarah ke Rui Patricio, kiper Portugal.

Kali ini, bukan Ronaldo yang jadi pahlawan kemenangan Portugal, melainkan penyerang sayap Valencia, Goncalo Guedes. Portugal membangun serangan cepat ketika Silva melakukan penetrasi mendekati kotak penalti Belanda dan memberi umpan kepada Guedes yang melepaskan tendangan jarak jauh.

Gol Goncalo Guedes

Portugal mempertahankan keunggulan 1-0 hingga akhir laga dan memenangi UEFA Nations League. Santos mengungkapkan kunci kemenangan timnya.

"De Jong bermain normalnya di sisi kiri dekat dengan Bruno Fernandes. (Marten) de Roon bermain dekat dengan Carlvaho. Kami sadar mengenai kualitas gelandang-gelandang tim Belanda dan De Jong: kreator hebat dengan potensi besar," tutur Santos di Goal.

"Kami tahu jika kami membatasi kebebasannya kami bisa meraih kemenangan. Instruksi para pemain saya untuk memainkan bola kapan pun mereka memilikinya dan menyeimbangkan pertahanan kami dengan menjaga kebebasan De Jong dan Van Dijk."

Susunan Pemain:

Portugal (4-3-3): Patricio; Semedo, Fonte, Rúben Dias, Guerreiro; Danilo, William Carvalho (Neves 90), Bruno Fernandes (Moutinho 81); Bernardo Silva, Ronaldo, Guede (Rafa 75)

Pelatih: Fernando Santos

Belanda (3-4-3): Cillessen; Dumfries, Van Dijk, De Ligt, Blind; Wijnaldum, De Jong, De Roon (Luuk de Jong 81); Bergwijn (van De Beek 60), Depay, Babel (Promes 46)

Pelatih: Ronald Koeman