Tempat Menyalakan Obor 50 Juta Peso, Senat Filipina Kritik SEA Games 2019

Hendry WibowoHendry Wibowo - Senin, 18 November 2019
Tempat Menyalakan Obor 50 Juta Peso, Senat Filipina Kritik SEA Games 2019
Kaldero di Stadion yang Disiapkan untuk Upcara Pembukaan SEA Games 2019 (Istimewa)

BolaSkor.com - SEA Games 2019 di Filipina nyaris batal setelah pemerintah setempat tidak memberikan dukungan. Meskipun kini pemerintah Filipina sudah memberikan lampu hijau, bukan berarti kritik terhadap pesta olahraga Asia Tenggara itu sudah mereda.

Terbaru Pemimpin Lantai Minoritas Senat Filipina, Franklin Drilon mempertanyakan pengeluaran SEA Games 2019 untuk pembuatan kaldero (tempat menyalakan obor).

Baca Juara:

Dana SEA Games 2019 Hanya Cair Rp 59 Miliar, Kemenpora Buka Suara

Filipina Kerahkan 20 Ribu Personel Polisi untuk Amankan SEA Games 2019

Untuk diketahui, BCDA sebagai panitia SEA Games 2019 merogoh kocek sebesar 50 juta Peso atau sekitar 14,1 miliar rupiah untuk pembuatan kaldero raksasa itu.

Drilon pun memiliki pendapat dana sebesar itu bisa digunakan pemerintah Filipina untuk membangun 50 kelas di sebuah sekolah.

"Apakah hal ini masuk akal? Apakah kaldero menjadi prioritas saat ini? Biaya sebesar ini bisa digunakan untuk yang lain, bukan untuk kaldero yang akan digunakan sekali saja dan menghabiskan 50 juta peso," Ungkap Drilon.

Senator yang merupakan salah satu sponsor anggaran BCDA, Juan Edgardo Angara pun menjawab kritik Drilon. Menurutnya angka 50 juta peso untuk pembuatan kaldero sama seperti yang dikeluarkan negara Asia Tenggara lain ketika jadi tuan rumah SEA Games.

"Menurut saya, mungkin sudah sewajarnya menjadi tuan rumah melakukan hal ini," Angara menjelaskan.

Drilon masih tidak puas dengan jawaban Angara. Drilon pun mempertanyakan kepada bagian audit khusus dana SEA Games.

Dana anggaran SEA Games memiliki total 6 miliar peso atau setara dengan 1,6 triliun rupiah. Dengan 5 miliar peso dari anggaran nasional 2019 dan tambahan dana 1 miliar sesuai dengan persetujuan presiden. (Alexander Matthew)

Breaking News SEA Games 2019 Filipina
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan