Tempat Tidur Atlet Olimpiade 2020 Terbuat dari Kardus

Hendry WibowoHendry Wibowo - Selasa, 14 Januari 2020
Tempat Tidur Atlet Olimpiade 2020 Terbuat dari Kardus
Tempat Tidur Atlet dari Kardus (Istimewa)

BolaSkor.com - Dalam rangka menyambut pesta olahraga multicabang terbesar dunia, Olimpiade Tokyo 2020, Jepang sebagai tuan rumah terus mematangkan banyak persiapan.

Terbaru panitia penyelenggara kembali memperkenalkan produk ramah lingkungan lainnya berupa tempat tidur atlet. Adalah tempat tidur yang digunakan terbuat dari kardus.

Baca Juga:

Indonesia Berpeluang Loloskan Atlet BMX ke Olimpiade Tokyo 2020

Kemenpora dan KOI Umumkan CdM Olimpiade Tokyo 2020

Kardus yang digunakan bukan sebagai alas tidur, melainkan kerangkanya saja. Meski hanya berangka kardus, panitia mengklaim tempat tidur sepanjang 2,1 meter tersebut cukup kuat untuk menopang beban hingga 200 kg.

Total sebanyak 18 ribu unit tempat tidur yang akan digunakan oleh para atlet, sedangkan 8 ribu untuk atlet Paralimpiade 2020.

Sebelumnya, saat Jepang sebagai tuan rumah juga sempat mengusung konsep ramah lingkungan seperti medali yang terbuat dari sampah alat-alat elektronik termasuk 6,2 juta limbah telepon seluler bekas yang didaur ulang.

Terobosan lainnya dalam memanfaatkan bahan daur ulang adalah obor Olimpiade. Negeri Sakura menyediakan obor yang terbuat dari alumunium bekas. Tidak hanya itu, podium bagi para atlet juga dibuat dari limbah rumah tangga dan sampah plastik di laut yang kemudian di daur ulang.

"Penyelenggara Olimpiade Tokyo memang benar-benar ingin mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari Olimpiade melalui teknologi dan fasilitas ramah lingkungan," ungkap seorang peneliti lingkungan Jepang, Junichi Fujino, dikutip dari Antaranews.

Kurang lebih sekitar lima bulan lagi menjelang Olimpiade dilaksanakan, panitia masih mempersiapkan beberapa fasilitas umum lainnya, seperti pembangunan kampung atlet dan aula makan.

Olimpiade Tokyo akan digelar pada 24 Juli hingga 9 Agustus 2020. Total sebanyak 206 negara termasuk Indonesia akan ambil bagian pada pesta olahraga terbesar tersebut. (Alexander Matthew)

Breaking News Olimpiade Tokyo 2020
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan