Temperatur Mesin MotoGP Bisa Mencapai 2500 Derajat Celcius

Hendry WibowoHendry Wibowo - Sabtu, 21 Desember 2019
Temperatur Mesin MotoGP Bisa Mencapai 2500 Derajat Celcius
Mesin Motor Yamaha YZR-M1 (Istimewa)

BolaSkor.com - Berbicara mengenai kendaraan, motor MotoGP tentunya juga memiliki rentang temperatur di mana sebuah komponen bisa bekerja secara maksimal.

Pertanyaannya mengingat motor MotoGP memiliki kapasitas mesin sangat besar, tentunya temperatur yang bisa dihasilan juga begitu tinggi.

Baru-baru ini situs boxrepsol.com, merilis temperatur beberapa komponen yang ada di motor MotoGP. Hasilnya mencengangkan.

Baca Juga:

Marc Marquez Apalagi Valentino Rossi Bukan Favorit Aleix Espargaro, tapi Justru Andrea Dovizioso

Pembalap MotoGP Ini Sulit Bernapas Ketika Berlomba di Malaysia dan Thailand

Menurut data situs tersebut, mesin merupakan komponen dengan temperatur sangat tinggi. Bayangkan rentangnya antara 1800 derajat celcius sampai 2500 derajat celcius.

"Dengan temperatur setinggi itu, panas kepala piston bisa mencapai 250 derajat celcius dan dinding silinder menyentuh lebih dari 200 derajat celcius," tulis keterangan dari boxrepsol.com.

Selain mesin, rem jadi komponen lainnya di motor MotoGP yang bekerja sangat keras. Seperti kaliper rem tembus 200 derajat celcius.

Jangkauan operasi optimal untuk cakram dan bantalan rem berkisar antara 200 derajat celcius sampai 800 derajat celcius.

Tak kalah panasnya adalah temperatur ban. Untuk mencapai daya cengkeram ban maksimal, seorang pembalap harus membawa temperatur ban ke angka 100 derajat celcius.

Tentu mendengar betapa panasnya temperatur di atas, jangan coba-coba untuk menyentuh komponen motor MotoGP, apalagi jika dalam kondisi baru saja turun di trek.*

Breaking News MotoGP 2020
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan