Temukan Komposisi Winning Team, Persebaya Patenkan Pakem 4-3-3

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 12 September 2021
Temukan Komposisi Winning Team, Persebaya Patenkan Pakem 4-3-3
Aji Santoso. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso mengaku telah menemukan formasi yang tepat untuk musim ini, menyusul kemenangan 3-1 atas TIRA-Persikabo di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Sabtu (11/9) malam. Skema 4-3-3 dan turunannya akan menjadi andalan Persebaya di Liga 1 2021/2022.

"Kami memiliki beberapa alternatif formasi. Bisa menggunakan 4-3-3 seperti malam ini, bisa juga menggunakan 4-2-3-1 atau bahkan kami juga menggunakan 4-1-4-1," ungkap Aji.

Formasi 4-3-3 tersebut telah diterapkan Persebaya pada laga perdana ketika kalah 1-3 dari Borneo FC (4/9) lalu. Namun, saat itu empat pemain asing Persebaya harus absen karena terkendala syarat vaksinasi.

Nah, ketika Alie Sesay, Taisei Marukawa, Bruno Moreira Soares, dan Jose Wilkson Teixeira Rocha bermain, secara keseluruhan Bajol Ijo mampu tampil lebih agresif.

Baca Juga:

Jose Wilkson dan Kiprah Apik Pemain Brasil di Persebaya

Iwan Setiawan: Persipura Kehilangan Seorang Legenda, Boaz Solossa

Permainan Persebaya memang terlihat lebih meyakinkan. Ciri khas yang selama ini menjadi andalan, ngeyel dan ngosek kembali terlihat. Persebaya pun berhasil mencetak gol di babak pertama Jose Wilkson pada menit 25 dan 41 serta Ricky Kambuaya (39). Sementara TIRA-Persikabo memperkecil kedudukan melalui tendangan penalti Ciro Henrique Alves Ferreira e Silva di menit 64.

Selain itu, pakem 4-3-3 membuat variasi ancaman pasukan tim asal Kota Pahlawan tersebut lebih dominan lewat serangan-serangan dari sisi kedua sayap. Penampilan bek kiri M. Alwi Slamat dan Taisei Marukawa yang diplot menjadi penyerang sayap kiri mampu menjadi pembeda. Pun demikian di sektor kanan yang mengandalkan Mokhamad Syaifuddin dan Samsul Arif.

Belum lagi penempatan posisi Ricky Kambuaya yang mampu menjadi sosok sentral di lini tengah Persebaya. Terbukti tusukan dan umpan pemain berusia 25 tahun ini beberapa kali membahayakan gawang lawan. Ditambah ketenangan pemain asal Papua tersebut dalam mengeksekusi peluang menjadi gol. Dimana dia telah mencetak dua gol dari dua laga musim ini.

Sedangkan untuk lini belakang, Aji Santoso tampaknya tetap akan mengandalkan Alie Sesay dan Arif Satria sebagai duet bek tengah. Keduanya diharapkan dapat memberi ketenangan untuk penjaga gawang muda Ernando Ari Sutaryadi yang tengah menggantikan Satria Tama lantaran cedera.

Formasi tersebut dirasa paling cocok untuk kondisi Persebaya sekarang ini. Kendati demikian, Aji menyatakan bakal menerapkan formasi turunan 4-3-3 tergantung siapa lawan yang akan dihadapi Rachmat Irianto dkk berikutnya.

"Itu tergantung dari lawan siapa yang kami hadapi. Tetapi, pakem kami 4-3-3 dan 4-2-3-1 yang kami gunakan di kompetisi kali ini," pungkas mantan pelatih Persela Lamongan dan PSIM Jogjakarta ini. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

Persebaya surabaya Liga 1 Aji santoso
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan