BolaSkor.com - Arsenal tak perlu lama mencari pengganti Emiliano Martinez yang hengkang ke Aston Villa, pasalnya perburuan mereka sudah mengerucut pada nama penjaga gawang asal Islandia, Runar Alex Runarsson.

Kiper berusia 25 tahun sudah tiba di Inggris sejak Jumat pekan lalu dan pergi ke pusat pelatihan Arsenal di London Colney. Runarsson akan menyelesaikan transfernya sebesar 1,1 juta euro dari klub Prancis Dijon.

Runarsson sudah menjalani tes medis di Arsenal dan tinggal menanti waktu sebelum dikenalkan ke publik oleh The Gunners. Runarsson akan bersaing dengan Bernd Leno untuk perebutan posisi kiper utama Arsenal.

Adapun munculnya nama Runarsson sebagai pengganti Martinez tak lepas dari peran Inaki Cana, pelatih kiper Arsenal yang pernah bekerja sama dengan Runarsson di FC Nordsjaelland pada medio 2015 hingga 2018.

Baca Juga:

Mikel Arteta Sempat Ragukan Masa Depan Pierre-Emerick Aubameyang di Arsenal

Peran Willian untuk Pemain Muda Arsenal

Tak seperti Aubameyang, Berikut 5 Pemain Bintang yang Mencampakkan Arsenal

Runar Alex Runarsson

"Itu tergantung pada apa yang saya harapkan dari staf saya. Pada akhirnya saya membawa staf dengan kualitas yang sangat khusus untuk menambah apa yang kami coba lakukan," tutur Arteta dikutip dari Goal.

"Kemudian saya harus memberi mereka tanggung jawab karena saya ingin mereka bertanggung jawab atas tugas yang saya berikan kepada mereka dan peran jelas yang saya berikan kepada mereka."

"Ketika berbicara tentang penjaga gawang, dia (Kana) memiliki suara besar tentang bagaimana kami akan menerapkan metodologi kami, bagaimana kami akan melatih mereka, bagaimana kami akan melatih mereka dan bagaimana kami akan memperlakukan posisi penjaga gawang dalam jangka pendek, menengah dan panjang."

Tidak hanya kepada Cana, Mikel Arteta juga terbuka berbicara kepada staf kepelatihannya untuk mendiskusikan pemain-pemain atau analisis di bidangnya masing-masing.

Inaki Cana dan Mikel Arteta

"Jelas pada akhirnya saya yang membuat keputusan, tetapi sangat penting bahwa orang-orang di sekitar saya, yang dalam banyak kesempatan memiliki kriteria dan kekhususan yang lebih jelas daripada saya, bahwa saya benar-benar mendengarkan mereka dan mencoba mengikuti perasaan yang mereka miliki," imbuh Arteta.

"Saya memiliki kepercayaan besar pada Inaki seperti yang saya lakukan dengan staf lainnya yang ada di sini. Saya akan membawanya ke departemen medis, dengan fisioterapis, petugas kit, setiap departemen yang ada di sini. Mereka memiliki lebih banyak keahlian dari saya."

"Saya ingin mengontrol mereka, saya ingin memastikan bahwa mereka berbagi nilai dan arahan yang ingin kami ambil, tetapi pada akhirnya mereka harus sebagian besar waktu melaksanakan tindakan," urai Arteta.

Sepanjang kariernya Runarsson sudah punya lima caps dengan timnas Islandia. Sebelum membela Dijon dari 2018 Runarsson membela KR Reykjavik (2012-13) dan FC Nordsjaelland (2015-2018).