BolaSkor.com - Everton tidak pernah menang melawan Liverpool sejak 2010. Namun, pada tahun ini, The Toffees punya kans besar memutus rentetan hasil negatif itu.

Derby Merseyside menjadi satu di antara derby paling menarik di dunia. Markas kedua tim hanya dipisahkan oleh Stanley Park.

Dalam sejarahnya, Liverpool mendominasi. Everton terakhir kali mencatatkan kemenangan atas Liverpool pada 17 Oktober 2010 usai unggul dengan skor 2-0 di Goodison Park. Dua gol kemenangan Everton dikreasikan Tim Cahill dan Mikel Arteta.

Pada musim ini, Everton punya peluang mengulangi catatan manis itu. Selain bermain di kandang, ada beberapa alasan Everton bisa mengalahkan Liverpool. Berikut ini adalah tiga di antaranya:

Pemain Kunci Everton di Puncak Performa

Everton

Satu di antara alasan Everton berada di puncak klasemen adalah penampilan para pemain inti yang memuaskan. Para pemain tersebut menunjukkan grafik meningkat dibanding musim-musim sebelumnya.

Dua pemain yang paling mengesankan tentu saja adalah James Rodriguez dan Dominic Calvert-Lewin. Rodriguez seolah terlahir kembali dengan mencetak tiga gol plus dua assist. Padahal sebelumnya sang pemain melempen di Real Madrid.

Sementara itu, Calvert-Lewin menjelma menjadi predator buas di area pertahanan lawan. Ia telah mengkreasikan enam gol dari empat laga. Tak heran, penyerang 23 tahun tersebut dipanggil memperkuat tim nasional Inggris.

Selain pemain-pemain itu, Everton juga punya senjata-senjata berbahaya lainnya seperti Richarlison, Lucas Digne, Yerry Mina, dan Alan. Para pemain itu diprediksi bisa bersaing dengn para pemain Liverpool.

Taktik Jitu Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti

Menilik performa impresif Everton pada awal musim, jangan lupakan taktik jitu milik Carlo Ancelotti. Sang pelatih bisa memanfaatkan potensi yang ada dengan baik.

Carlo Ancelotti biasanya bermain dengan formasi 4-3-3. Taktik tersebut mirip dengan yang diterapkan Jurgen Klopp di Liverpool.

Ancelotti dapat mengeluarkan kemampuan terbaik dari para pemainnya. Contoh nyata terlihat pada James Rodriguez.

Selain itu, Ancelotti juga punya rekor tak mengecewakan melawan Jurgen Klopp. Dalam dua musim terakhir, Ancelotti meraih dua menang, dua imbang, dan dua kalah. Sebagian besar laga itu dilalui bersama Napoli.

Liverpool Sedang Angin-anginan

Liverpool dikalahkan Aston Villa

Liverpool tak melaju kencang seperti musim sebelumnya. Permainan The Reds menunjukkan banyak kelemahan yang bisa dieksploitasi lawan.

Pada awalnya, Liverpool menuai lima kemenangan beruntun. Namun, dalam dua laga terakhir, The Reds selalu kalah.

Lini pertahanan Liverpool terlihat melemah. Virgil van Dijk yang disebut-sebut sebagai bek terbaik di Eropa kerap melakukan kesalahan.

Kekalahan telak 7-2 melawan Aston Villa menjadi gambaran jelas jika Liverpool sedang tidak baik-baik saja. Jika masalah masih belum menemukan jalan keluar, Everton punya peluang besar menjadi pemenang pada pertandingan nanti.