BolaSkor.com - Persipura Jayapura harus menerima kenyataan pahit seusai dinyatakan degradasi dari Liga 1 menuju Liga 2 musim depan. Kekalahan head to head menjadi penyebabnya. Padahal, Persipura sukses menyapu bersih poin usai mengalahkan Persita Tangerang 3-0 di Stadion Kompyang Sujana Denpasar, Kamis (31/3).

Tim Mutiara Hitam mengoleksi poin sama 36 dengan Barito Putera, namun kalah head to head (0-3 dan 0-1). Tak pelak, penyesalan kini menghinggapi segenap anggota Tim Mutiara Hitam. Bahkan, Angel Alfredo Vera masih menyesali sanksi pemangkasan 3 poin dari Komite Disiplin PSSI.

"Kalau saja tiga poin itu masih ada, tentu kami bisa selamat. Tidak terdegradasi," ujar Pelatih Persipura itu dalam keterangan persnya.

Baca Juga:

Hasil Liga 1: Barito Putera Imbang dengan Persib, Persipura Terdegradasi

Persipura Degradasi, Angel Alfredo Vera: Saya Tak Bisa Bicara Banyak

Sejatinya Yustinus Pae dkk bisa memastikan nasibnya lebih awal jika 3 poin mereka tak dipangkas. Sanksi itu menyusul keputusan tidak hadir pada pertandingan yang tertunda melawan Madura United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (21/2) lalu.

Tak cuma pemangkasan 3 poin, sanksi bagi Persipura juga terhitung berat. Mereka dinyatakan kalah 0-3 melawan Madura United, plus denda senilai Rp250 juta.

"Tapi itu sudah terjadi. Kalau pun saya bicara, tidak tahu (tiga) poin (yang dipangkas karena sanksi) itu bisa kembali atau tidak," imbuh Alfredo Vera.

Jika tidak mendapat sanksi itu, Persipura terhitung berhak menduduki urutan 12 atau 13 klasemen dengan 39 poin, sama yang dikumpulkan Persita Tangerang maupun PSS Sleman saat ini. (Laporan Kontributor Bimaswara Dumugi)