BolaSkor.com - Phil Foden menjadi satu dari 26 pemain yang akan mewakili Inggris di Piala Eropa 2020. Ia mengaku sangat terhormat dengan kesempatan ini dan berterima kasih kepada sang pelatih, Gareth Southgate.

Piala Eropa 2020 akan menjadi turnamen akbar perdana Foden bersama Timnas senior Inggris. Pemain Manchester City tersebut memang tampil gemilang sepanjang musim 2020-2021.

Meski begitu, karier Foden di Timnas Inggris nyaris tamat secara dini. Itu setelah dirinya melakukan tindakan indisipliner tak lama setelah melakoni debut bersama The Three Lions.

Baca Juga:

Jelang Piala Eropa, Pemain Timnas Inggris Cat Rambut bak Paul Gascoigne

Polemik Penalti Jordan Henderson Ancam Harmonisasi Timnas Inggris

Gareth Southgate Ungkap Titik Lemah Timnas Inggris

Gareth Southgate dan Phil Foden

Momen tersebut terjadi pada September tahun lalu. Foden dipulangkan dari Timnas Inggris setelah melanggar protokol kesehatan bersama pemain muda lainnya, Mason Greenwood.

Parahnya, Foden dan Greenwood melanggar protokol kesehatan setelah mengundang teman wanitanya ke hotel tempat skuat Inggris menginap di Islandia. Kedua pemain tersebut pun menjadi bulan-bulanan media dan suporter Negeri Britania Raya.

Banyak pihak memprediksi Foden dan Greenwood akan sulit kembali ke Timnas Inggris. Namun hal itu nyatanya tak terbukti.

Foden dan Greenwood tetap dipanggil Southgate untuk berlaga di Piala Eropa 2020. Namun nama terakhir batal tampil karena mengalami cedera.

"Saya membuat kesalahan besar, saya masih muda. Namun Gareth mengatakan jika saya terus tampil baik dan terus tampil, saya harus mendapatkan kesempatan lain," kata Foden mengenang kasus indisiplinernya.

"Jadi saya harus bekerja keras untuk itu dan tidak banyak manajer yang akan memberi Anda kesempatan lagi. Jadi saya harus banyak berterima kasih kepada Gareth karena memberi saya kesempatan lagi."

Setelah kasus indisiplinernya, Foden memang menunjukkan kekuatan mental yang luar biasa. Ia justru mampu tampil menonjol bersama Manchester City dan membantu timnya meraih dua gelar yaitu Piala Liga serta Premier League.

Sayang Foden gagal membawa Manchester City meraih trofi Liga Champions. The Citizens takluk dari Chelsea pada laga final.

Tak Punya Idola

Foden dianggap sebagai salah satu gelandang Inggris yang memiliki masa depan cerah. Menariknya, ia tak punya idola yang menjadi panutannya dalam bermain.

"Saya adalah penggemar berat Inggris saat tumbuh dewasa. Saya tidak bisa menyebutkan satu pemain saja karena menyukai tim secara keseluruhan," tambahnya.

"Saya percaya bahwa kami seharusnya mendapatkan lebih banyak dari tim yang kami miliki. Kami hanya ingin fokus pada apa yang akan kami lakukan sekarang dan menciptakan sejarah kami sendiri."