Terima Kenyataan, Cristiano Ronaldo

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 07 Desember 2022
Terima Kenyataan, Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo (Twitter)

BolaSkor.com - Seiring berjalannya Piala Dunia 2022 pemberitaan mengenai Cristiano Ronaldo juga masih terus berlanjut. Kabar mengenainya tidak perlahan berkurang meski isunya dengan Manchester United telah berakhir.

Ketika melakukan wawancara dengan Piers Morgan, Ronaldo menyinggung Ralf Rangnick, Wayne Rooney, hingga pelatih Man United, Erik ten Hag. Pada akhirnya kontraknya diputus meski masih menyisakan setahun lagi atas kesepakatan bersama.

Cristiano Ronaldo (37 tahun) menjadi free agents (tanpa klub) di tengah berlangsungnya Piala Dunia 2022. Hubungan dengan fans Man United kian panas setelah Morgan menuturkan apabila Ronaldo, berkirim pesan kepadanya, bak burung yang terbang bebas setelah kontraknya diputus klub.

Tak berhenti sampai di situ Ronaldo 'berulah' kembali di timnas Portugal di Piala Dunia 2022. Penilik lima Ballon d'Or tampak kesal ketika diganti pada laga melawan Korea Selatan dan Fernando Santos, pelatih Portugal, tidak menyukainya.

Baca Juga:

5 Fakta Menarik Kroasia ke Perempat Final Usai Tekuk Jepang Lewat Adu Penalti

Bintang Laga Brasil Vs Korea Selatan: Neymar Bikin Selecao Tajam Lagi

Portugal 6-1 Swiss: Gantikan Peran Cristiano Ronaldo, Goncalo Ramos Jawab dengan Hat-trick

Ronaldo pun dicadangkan ketika Portugal melumat Swiss dengan skor 6-1 di 16 besar Piala Dunia 2022 dan melaju ke perempat final. Tanpa Ronaldo Portugal bermain lebih baik dan hasil laga itu dijadikan tolok ukur bagi pandit-pandit sepak bola.

Keputusan teknis ada di tangan pelatih tetapi salah satu pandit sepak bola, Gary Neville, menilai sikap Ronaldo saat ini jadi masalah besar untuknya. Neville menyarankan kepadanya untuk instropeksi diri.

"Ketika itu terjadi di Man United, Erik Ten Hag mencoba memperlihatkan otoritasnya, tetapi pelatih Portugal itu memiliki hubungan yang luar biasa dengannya selama beberapa tahun," kata Neville kepada ITV.

"Ada banyak penggemar Cristiano Ronaldo yang tidak mau mengatakan yang sebenarnya dan saya pikir dia perlu mendengarkan kebenaran dan itu menjadi akhir yang berantakan."

"Tidak akan mengejutkan saya jika dia masuk (bermain dari bangku cadangan) malam ini dan mencetak gol kemenangan, tetapi kemarahannya, menginjak-injak, merajuk."

"Warisan jangka panjangnya telah ditetapkan, dilindungi, dia adalah salah satu pemain hebat sepanjang masa, tetapi dalam jangka pendek dia harus melakukan jauh lebih baik karena apakah pelatih Juventus itu salah? Apakah Manchester United salah dan sekarang pelatih Portugal salah? Ten Hag tidak menginginkan dia masuk tim karena dia pikir dia lebih baik tanpanya, apakah pelatih Portugal merasakan hal yang sama?"

Pandit lainnya, Nigel de Jong, juga menuturkan hal yang sama. Dia ingin melihat pemain sekaliber Ronaldo pensiun dengan cara yang bagus, bukan dengan kenangan buruk seperti misal dari sikapnya saat ini.

"Apa yang ingin saya tambahkan adalah sebesar pemain seperti Ronaldo, Anda harus meninggalkan panggung dengan anggun," tambah De Jong.

"Kita telah melihat itu dengan (Zinedine) Zidane dan semua pemain hebat sebelum dia, mereka pergi dengan anggun dan Anda tidak ingin melihat ini dari salah satu pesepak bola terbaik dalam dua dekade terakhir."

"Anda sudah bisa melihat bahwa dia kesal dan Anda bisa tahu dari tingkah lakunya dalam beberapa bulan terakhir."

"Timnya memiliki kesempatan untuk mencapai tahap terakhir tetapi dia hanya harus menjadi orang yang lebih besar, menjadi pemimpin di ruang ganti terlepas dari situasinya sendiri, tetapi itu sangat sulit dilakukan untuknya. Saya tidak berpikir dia bisa menerima kenyataan bahwa dia tidak bermain," urai De Jong.

Kesadaran itu seyogyanya dimiliki produk akademi Sporting Lisbon, kesadaran akan usia yang tak lagi muda dan performa yang menurun.

"Sehebat apa pun dia, ini adalah permainan tim dan sekarang sampai pada tahap ini di mana dia tidak bermain bagus selama beberapa tahun terakhir dan seperti yang dikatakan Gary, itu tidak berakhir dengan baik, itu berakhir dengan buruk dan menurut saya sepertinya dia tidak menikmatinya saat ini," urai pandit lainnya, Ian Wright.

Ronaldo Cristiano Ronaldo Portugal Timnas Portugal Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan