Terinspirasi Jepang, Myanmar Bersih-bersih Stadion dan Jalanan Pasca Laga Piala AFF 2018

Arief HadiArief Hadi - Selasa, 13 November 2018
Terinspirasi Jepang, Myanmar Bersih-bersih Stadion dan Jalanan Pasca Laga Piala AFF 2018
Fans Myanmar bersih-bersih di stadion (Foto: Fox Sports Asia)

BolaSkor.com – Selalu ada sisi menarik tatkala sebuah turnamen besar berlangsung. Sisi itu tidak melulu soal teknis pertandingan atau keseruan saat pemain kedua kesebelasan merebutkan bola. Fans juga acapkali menarik perhatian dengan tindakan yang mereka lakukan.

Seperti yang diperlihatkan fans Myanmar pasca laga pertama mereka di grup A Piala AFF 2018 melawan Kamboja. Myanmar menang 4-1 di Stadion Mandalarthiri, Mandalay, melalui dua gol Hlaing Bo Bo, Than Htet Aung, dan Sithu Aung, yang diperkecil gol Chan Vathanaka.

Dilansir dari Fox Sports Asia, usai laga, sebagian besar suporter tidak langsung pergi meninggalkan stadion dan membersihkan sampah yang beredar di stadion. Tidak hanya di dalam stadion, beberapa di antara mereka juga ada yang membersihkan jalan di luar stadion.

Secara khusus mereka telah menyiapkan kantong plastik untuk menampung sampah-sampah seperti plastik, bekas bungkus makanan, dan sebagainya. Pemandangan itu jelas sangat mengagumkan di mata publik karena itu memperlihatkan kepedulian kepada lingkungan sekitar. Tidak sekedar menyaksikan pertandingan dan mendukung tim kesayangan beraksi.

Aksi yang dilakukan warga Myanmar sontak mengingatkan pecinta sepak bola akan hal yang pernah dilakukan Jepang di Piala Dunia 2018. Jepang kalah 2-3 secara dramatis oleh Belgia di 16 besar pasca memberikan perlawanan sengit kepada Eden Hazard dkk.

Suporter mereka membersihkan sampah-sampah yang berserakan di stadion pasca laga berakhir. Mereka juga telah melakukannya sebelumnya di fase grup. Kepedulian mereka juga dicerminkan oleh Keisuke Honda dan kawan-kawan. Para pemain membersihkan ruang ganti dengan sangat bersih dan meninggalkan tulisan “Spasibo” yang artinya: terima kasih.

Sikap kedua suporter tersebut layak menjadi contoh bagi seluruh fans di seluruh dunia. Tidak masalah memberikan dukungan dalam berbagai bentuk (asal tidak melebihi batas normal) kepada tim kesayangan, tapi, alangkah baiknya jika sesekali peduli dengan lingkungan sekitar.

Semua yang besar berawal dari hal terkecil. Jika sudah peduli dengan lingkungan sekitar, selama itu bukan pencitraan, maka karakter diri juga otomatis akan terbentuk.

Breaking News Myanmar Piala AFF 2018 Timnas kamboja Kamboja Jepang
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan