BolaSkor.com - AC Milan akhirnya akan segera kembali berlaga di Liga Champions setelah tujuh tahun absen. Momen ini membuat seorang Paolo Maldini turut emosional.

Tampil di Liga Champions harusnya memang sebuah rutinitas bagi Milan. Rossoneri berstatus sebagai kolektor trofi terbanyak kedua setelah Real Madrid.

Namun krisis keuangan yang melanda membuat performa Milan menurun drastis. Rival sekota Inter Milan tersebut sudah tak ambil bagian di turnamen ini sejak tersingkir pada babak 16 besar musim 2013-2014.

Baca Juga:

Prediksi Liverpool Vs AC Milan: Ospek Anak Baru

Modal Bagus AC Milan: Rekor Apik Olivier Giroud Lawan Liverpool

AC Milan ke Markas Liverpool Tanpa Ibrahimovic

Paolo Maldini

Kini, Milan berhak tampil di Liga Champions 2021-2022 setelah menjadi runner up Serie A musim lalu. Ini merupakan target realistis yang berhasil diwujudkan tim asuhan Stefano Pioli.

Maldini memang tak memiliki kontribusi langsung terkait kesuksesan ini. Usai gantung sepatu pada 2009, mantan kapten Milan itu memilih bekerja di balik layar dengan mengemban jabatan sebagai direktur teknik.

Meski begitu, kembalinya Milan ke Liga Champions membuat Maldini teringat sejumlah kenangan indah di masa lalu. Ia memang turut berkontribusi mempersembahkan lima dari tujuh gelar Il Diavolo Rosso di turnamen ini.

“Liga Champions bagi saya mungkin merupakan titik tertinggi dalam karir saya di Milan. Liga Champions yang dulunya adalah Piala Eropa dimenangkan ayah saya pada tahun 1963, pertama kalinya untuk tim Italia,” kata Maldini kepada Milan TV.

“Ini adalah sumber emosi yang sangat kuat, dari game pertama Anda tidak bisa membuat kesalahan karena kesalahan sekecil apa pun bisa membuat Anda tersingkir."

“Momen paling intens adalah enam hari sebelum derby di semifinal 2003, Final melawan Juventus dan kesuksesan terakhir di Liga Champions kontra Liverpool,” tambahnya.

Maldini tentu berharap Milan yang sekarang mampu mengulangi kejayaan di masa lalu. Meskipun hal itu akan sangat sulit diwujudkan karena banyaknya tim kuat yang ambil bagian.

Milan akan memulai perjalanannya dengan bertandang ke markas Liverpool di Anfield, Kamis (16/9) dini hari WIB. Kedua tim tergabung di grup B bersama Atletico Madrid dan FC Porto.