Terjerat Kasus Suap Wasit, Barcelona Masih Bisa Lepas dari Hukuman

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 12 Maret 2023
Terjerat Kasus Suap Wasit, Barcelona Masih Bisa Lepas dari Hukuman
Barcelona (Twitter)

BolaSkor.com - Barcelona terjerat kasus hukum terkait dugaan suap kepada wasit di LaLiga. Namun peluang Blaugrana untuk selamat dari sanksi masih terbuka.

Jaksa Penuntut Umum Spanyol telah melayangkan tuntutan kepada Barcelona atas pembayaran yang dilakukan kepada Jose Maria Enriquez Negreira. Sosok terakhir merupakan mantan wasit yang pernah menjabat wakil presiden Asosiasi Wasit Spanyol.

Awalnya Jaksa Spanyol menemukan laporan pembayaran uang sebesar 1,3 juta euro yang dilakukan Barcelona kepada perusahaan DASNIL 95 SL yang ternyata dimiliki Negreira pada periode 2016 hingga 2018. Barcelona beralasan itu merupakan biaya untuk membayar jasa konsultasi wasit.

Baca Juga:

Barcelona Tersandung Kasus Suap Wasit, Real Madrid Gelar Rapat Khusus

Dikaitkan dengan Inter, Franck Kessie Ngotot Bertahan di Barcelona

Hukuman Menanti, Skandal Barcelona Lebih Parah daripada Calciopoli

Dalam perkembangan kasus ini, Barcelona diduga melakukan pembayaran tersebut sejak 2001. Dana yang diberikan menyentuh angka 7,3 juta euro.

Hukuman berat menanti Barcelona andai terbukti bersalah. Bukan hanya degradasi, El Barca juga bisa dilarang berpartisipasi di kompetisi Eropa seperti Liga Champions atau Liga Europa.

Namun menurut jurnalis Spanyol, Luis Rojo, peluang Barcelona untuk mendapat hukuman berat relatif kecil. Penyebabnya adalah karena jaksa belum bisa menemukan bukti tuntutannya.

Presiden Barcelona, Joan Laporta

Kantor kejaksaan hanya mengajukan pengaduan terkait kasus ini. Namun mereka tidak bisa membuktikan Barcelona membayar Negreira untuk mendapat keuntungan dari wasit dalam pertandingan.

Barcelona juga mendapat dukungan dari ahli hukum Spanyol, Felipe Izquierdo. Ia dengan tegas menyatakan kejaksaan tak punya bukti Barcelona membeli wasit.

Barcelona sendiri bersikap tenang menghadapi tuntutan ini. Klub yang dipimpin Joan Laporta itu percaya diri tak bersalah.

"Dakwaan itu tidak lebih dari hipotesis penyelidikan awal dari jaksa penuntut dan sekarang adalah saat penyelidikan yudisial dimulai dengan benar," bunyi pernyataan resmi Barcelona.

"Pihak klub akan sepenuhnya bekerja sama dengan penyelidikan dengan segala cara yang diperlukan. Klub menegaskan kembali bahwa kami tidak pernah membeli wasit atau mencoba mempengaruhi keputusan pejabat mana pun."

Barcelona LaLiga Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan