BolaSkor.com - Mario Gomez menegaskan kembali soal pentingnya sikap realistis di balik tingginya rasa optimisme terhadap skuat Arema FC. Publik sepak bola di Malang menilai ada optimisme yang tinggi seiring kedatangannya menerima tantangan untuk menangani tim Singo Edan musim ini.

Harapan itu tercermin dari membludaknya kehadiran Aremania hampir di setiap kali menggelar latihan. Mereka menunjukkan antusiasme tinggi dan tidak pernah absen melihat tim kebanggaannya berlatih, termasuk hingga berakhirnya program pemusatan latihan di Kota Batu, Sabtu (25/1) kemarin.

"Yang patut diingat adalah, semua butuh proses. Saya bukan magician (pesulap)," beber pelatih Arema FC, Mario Gomez dalam satu kesempatan wawancara di Kompleks Agrowisata Kusuma Kota Batu, Jawa Timur.

Baca Juga:

Robert Rene Alberts Sebut Skuat Persib Hampir Lengkap

Gabung Persija untuk Bantu Sergio Farias, Ini Kata Oswaldo Lessa

"Karena bagi saya, persiapan yang sangat ideal agar sebuah tim sepak bola menjadi tangguh, adalah enam bulan. Tapi tidak masalah, saya mengerti situasi di sini," tambahnya.

Ungkapan itu sekaligus tetap mengingatkan pentingnya bersikap realistis. Tingginya optimisme publik harus disertai pemikiran yang positif, untuk tidak menuntut Dendi Santoso dkk menjadi tim yang sempurna dengan waktu persiapan selama dua bulan saja.

"Coba sebutkan, berapa banyak pemain baru di tim ini? Ya, ada 14 pemain baru. Tapi saya percaya dengan tersedianya waktu, tim ini siap sebelum bergulirnya kompetisi," tandasnya.

Datangnya Mario Gomez juga diiringi perombakan skuat untuk merubah wajah Arema FC menjadi lebih segar. Hanya 14 dari 30 pemain yang dipertahankan sejak di bawah naungan Milomir Seslija musim lalu, dan menggantinya dengan sejumlah pemain yang usianya berada di bawah 30 tahun. (Laporan Kontributor Kristian Joan/Malang)