BolaSkor.com - Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy melakukan perubahan. Tidak lebih dari 24 jam setelah mengumumkan skuat timnas, Simon McMenemy membuat keputusan tegas dengan mencoret Rizky Pora dari skuat yang dipersiapkan tampil di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Rizky Pora dianggap menunjukkan perilaku tidak pantas saat membela klubnya, Barito Putera di laga melawan PSM Makassar, Rabu (14/8). Rizky Pora tampak bersitegang dengan Bayu Gatra. Ia juga terlihat mendorong, termasuk menjatuhkan Bayu Gatra dengan tangannya selepas pertandingan.

"Kami mengharapkan tingkat disiplin tertinggi dari para pemain tim Nasional. Ini telah dibahas beberapa kali dan para pemain telah diingatkan bahwa mereka adalah representasi dari seluruh pemain Indonesia. Para pemain tim Nasional adalah contoh bagi semua, Ini prinsip dan saya tidak main-main dengan hal ini," kata Simon McMenemy di laman PSSI.

Baca Juga:

Simon McMenemy Panggil 24 Pemain, Ada Nama Osas Saha dan Ferdinand Sinaga

Dua Pelatih Timnas Indonesia Bertemu, Program TC Jadi Bahasan

Menurutnya, sikap yang diperlihatkan Rizky Pora pada laga melawan PSM jelas bukan perilaku pemain yang memahami sepenuhnya tanggung jawab membela Timnas. "Pemain harus memahami tanggung jawab yang datang dengan mewakili negara yang begitu bersemangat dan bangga."

Simon McMenemy pun mengganti Rizky Pora dengan winger Persib Bandung, Febri Hariyadi. Pemain asal Persib Bandung ini dinilai memiliki pengetahuan taktik dan formasi yang baik.

"Poinnya, kami mencari pemain yang bisa menjadi role model, pemain yang mampu menjalankan instruksi serta mampu bermain dalam sistem yang kita inginkan. Tentu kami berharap seorang pemain juga memiliki pengetahuan taktik yang baik, sehingga mampu bermain dalam formasi yang berbeda dan juga posisi yang berbeda," jelasnya.