BolaSkor.com - Pembalap termuda di MotoGP 2019, Fabio Quartararo menunjukkan penampilan yang menjanjikan bersama tim satelit Petronas Yamaha. Dari tujuh balapan yang sudah digelar, ia sudah memetik 51 poin.

Kini ia sudah menempati posisi tujuh klasemen atau lebih baik ketimbang pembalap top MotoGP seperti Cal Crutchlow, Maverick Vinales, sampai Jorge Lorenzo.

Baca Juga:

Lomba MotoGP Katalunya: Jorge Lorenzo Mengacau, Marc Marquez Menang Mudah

Valentino Rossi Anggap Insiden di MotoGP Katalunya Hal Biasa

Terbaru finis kedua lomba MotoGP Katalunya, Minggu (17/06), membuatnya merasakan podium pertama sejak naik kelas ke MotoGP pada tahun 2019. Tidak hanya itu, ia juga sudah dua kali meraih pole position.

Manajer tim Petronas Yamaha, Wilco Zeelenberg mengatakan alasan Quartararo mampu tampil apik di atas motor Yamaha YZR-M1 karena memiliki gaya balap yang smooth atau halus.

Menurutnya gaya balap smooth cocok dengan karakteristik motor Yamaha YZR-M1. "Dia mengerti betul bagaimana mendapatkan waktu putaran yang kompetitif dengan motor saat ini," kata Zeelenberg yang pernah bekerja untuk Lorenzo saat masih memperkuat Yamaha.

"Dia sangat cepat, tapi ia bisa menciptakan sesuatu yang baru dan belajar dari situ. Ini yang membuatnya sangat spesial," tambahnya.

Selain itu, Zeelenberg menilai fakta Yamaha merupakan motor pertama Quartararo di MotoGP juga jadi nilai plus buat sang pembalap. Berbeda dengan pembalap Yamaha lain seperti Franco Morbidelli dan Vinales yang sempat gabung Honda dan Suzuki.

"Quartararo tidak punya pengalaman mengendarai motor MotoGP selain Yamaha. Dia hanya menikmati motor ini dan berusaha tampil cepat," Zeelenberg menuturkan.* (MA01-ARINA)