BolaSkor.com - Penyelenggara Kejuaraan Dunia Balap Motor Listrik atau MotoE telah mengumumkan penyebab terbakarnya satu paddock di Sirkuit Jerez, Spanyol, Kamis dini hari WIB.

Untuk diketahui, akibat kebakaran tersebut, motor ajang MotoE dan begitu banyak perlengkapan lainnya ludes terlalap api.

Baca Juga:

Motor dan Perlengkapan Terbakar, Putaran Perdana Kejuaraan Dunia Balap Motor Listrik Ditunda

Motor Kejuaraan Dunia Balap Listrik Terbakar, Aspek Keselamatan Dipertanyakan

Akibatnya sesi tes di Sirkuit Jerez harus dibatalkan. Tidak hanya itu lomba putaran pertama MotoE 2019 yang diplot berlangsung pada trek sama, 3-5 Mei juga ditiadakan.

Menurut keterangan yang dibuat penyelenggara MotoE, Dorna, polisi lokal masih melakukan investigasi mendalam terkait kejadian ini.

Namun yang pasti api muncul lantaran korsleting. Loop komponen listrik mengarah ke jumlah arus ekstrem dan akibatnya panas, lalu api menyebar ke baterai berkepadatan tinggi yang mudah terbakar.

“Meskipun kami sedang menunggu kesimpulan resmi dari penyelidikan oleh polisi setempat, bukti awal mengenai penyebab kebakaran paddock MotoE di Jerez pada 14 Maret tampaknya menunjukkan korsleting sebagai penyebab utama insiden,” tulis pernyataan tersebut.

“Sumber terjadinya hubungan pendek belum diidentifikasi, tetapi setelah kebakaran terjadi, itu memicu (api dari) baterai kepadatan tinggi yang merupakan bagian dari pengisi daya kinerja tinggi dan digunakan di MotoE," tambah keterangan itu.

Pada pernyataan resmi ini juga dipastikan motor MotoE yang bertenaga listrik sedang tidak melakukan proses pengisian baterai ketika kejadian berlangsung.*

Baca Berita Selengkapnya soal MotoGP Lainnya di KabarOto.com