Termasuk El Clasico, Duel Antarklub Satu Negara Berpotensi Terjadi di Delapan Besar Liga Champions

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 15 Maret 2018
Termasuk El Clasico, Duel Antarklub Satu Negara Berpotensi Terjadi di Delapan Besar Liga Champions
El Clasico bisa terjadi di perempat final Liga Champions (Getty Images)

BolaSkor.com - Barcelona menjadi tim terakhir yang memastikan tiket ke delapan besar atau perempat final Liga Champions edisi 2017/18. Blaugrana lolos dengan total agregat gol 4-1 dan menyingkirkan juara bertahan Premier League, Chelsea.

Barca membawa pulang agresivitas gol tandang melalui hasil imbang 1-1 dari leg pertama, yang berlangsung di Stamford Bridge, melalui gol Lionel Messi yang membalas gol dari Willian. Di leg kedua, Barca meraih kemenangan 3-0 melalui dua gol Messi -menggenapkan koleksi golnya di Liga Champions menjadi 100- dan gol Ousmane Dembele.

Klub asal Catalunya itu pun memecahkan rekor sebagai klub pertama dalam sejarah Liga Champions, yang lolos ke perempat final selama 11 kali beruntun. Kehadiran Barca menjaga tradisi bagus klub asal Spanyol di turnamen antarklub Eropa terbaik dunia itu. Termasuk Barca, perwakilan Spanyol lainnya adalah Sevilla dan Real Madrid.

Sevilla secara mengejutkan menyingkirkan tim kuat asal Inggris, Manchester United, melalui kemenangan 2-1 di Old Trafford via dua gol Wissam Ben Yedder yang diperkecil oleh gol Romelu Lukaku. Sementara El Real, juara bertahan dua kali beruntun Liga Champions, memperlihatkan kelas dan pengalaman mereka melalui keunggulan agregat gol 5-2 atas Paris Saint-Germain (PSG).

Pada fase perempat final, segala aturan yang berlaku di 16 besar tak lagi ada, seperti: tim yang menjuarai penyisihan grup tidak bisa saling bertemu, begitu juga tim-tim dari satu negara yang sama. Jadi, ada kemungkinan besar El Clasico antara Barca dengan Madrid terjadi di delapan besar. Begitu juga perjumpaan kedua tim itu dengan Sevilla, tim yang berada di bawah Madrid dan Barcelona pada urutan klasemen La Liga.

Pun demikian berlaku untuk kontestan lainnya yang terdiri dari dua tim Italia dan dua tim Inggris. Pengecualian hanya untuk Bayern Munchen, yang menjadi satu-satunya perwakilan dari Jerman. Selain Bayern, ada kemungkinan juga Juventus bertemu dengan Roma, atau Manchester City yang berpotensi melawan Liverpool.

Jika nantinya hasil undian delapan besar mempertemukan duel sesama tim dari negara yang sama, maka potensi pertarungan dua tim dari satu negara yang sama kecil kemungkinan terjadi di final, yang nantinya akan berlangsung di Stadion NSC Olimpiyskyi, Kyiv, Ukraina pada 26 Mei mendatang.

Adapun leg pertama perempat final akan berlangsung pada tanggal 3 dan 4 April 2018, dan leg kedua berlangsung pada 10 dan 11 April 2018. Menarik untuk dinanti, apakah Spanyol kembali menunjukkan dominasinya di Eropa musim ini? Atau ada kejutan dari Italia, Inggris, dan juga Jerman.

Liga Champions Real Madrid FC Barcelona Manchester City Liverpool
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan