Termasuk Erick Thohir dan La Nyalla, KP Loloskan 5 Bakal Calon Ketum PSSI sebagai DCS

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 31 Januari 2023
Termasuk Erick Thohir dan La Nyalla, KP Loloskan 5 Bakal Calon Ketum PSSI sebagai DCS
Ketua KP PSSI, Amir Burhanuddin. (PSSI)

BolaSkor.com - Lima bakal calon Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 dinyatakan memenuhi syarat dan lolos verifikasi sebagai Daftar Calon Sementara (DCS).

Kelima nama yang diloloskan itu di antaranya La Nyalla Mattalitti, Arif Putra Wicaksono, Doni Setiabudi, Erick Thohir dan Fary Djemy Francis.

"Dalam verifikasi dokumen para bakal calon, kita di internal komite pemilihan terjadi dinamika yang sangat hebat. Dinamika ini, terkait ketelitian dan pemahaman tentang dokumen persyaratan yang harus sesuai dengan statuta federasi," kata Ketua KP PSSI, Amir Burhanuddin di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (31/1).

"Perbedaan pendapat para anggota komite acapkali terjadi. Bahkan, beberapa kesempatan berujung deadlock. Namun, setelah dilakukan penajaman dan pendalaman dokumen yang diperdebatkan, akhirnya komite pemilihan dapat menuntaskan tahapan verifikasi ini dengan baik," tambah dia.

Baca Juga:

Piala Dunia U-20 2023 Bakal Meriah, Ada Tur Trofi dan Opening Ceremony

Drawing Piala Dunia U-20 2023 Digelar pada 1 April

Sementara itu, ada 16 bakal calon Waketum PSSI yang dinyatakan memenuhi syarat. Sedangkan lima nama lainnya harus gugur.

Kelima nama yang gugur antara lain Achsanul Qosasi, Azrul Ananda, Bambang Pamungkas, Iwan Budianto, dan Ponaryo Astaman. Mereka pun tidak dapat mengajukan banding ke Komite Banding Pemilihan atau KBP.

"Mereka tidak bisa banding karena ada yang tidak memberikan lembar kesediaan untuk dicalonkan. Artinya yang bersangkutan tidak bersedia dicalonkan. Dan juga ada satu nama yang berkas dukungannya dicabut," tutur Amir.

Dengan demikian, calon sementara Waketum PSSI saat ini berjumlah 16 orang, termasuk di antaranya para Exco petahana seperti Ahmad Riyadh, Hasani Abdulgani, Hasnuryadi Sulaiman, Juni A Rachman, Yunus Nusi. Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, juga masuk dalam daftar tersebut.

Setelah pengumuman DCS ini, tahapan berikutnya adalah pengajuan banding para calon yang tidak lolos penyaringan KP ke Komite Banding Pemilihan (KBP). Proses ini berlangsung pada 1-3 Februari.

Kemudian pada 4 dan 5 Februari, KBP melakukan pemeriksaan dokumen banding yang diajukan sebelum diumumkan Daftar Calon Tetap atau DCT pada 6 Februari. Nantinya calon yang tertera di DCT akan bertarung dalam Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan Exco PSSI periode 2023-2027 pada 16 Februari.

Berikut Daftar Calon Sementara Ketum PSSI periode 2023-2027:

1. AA La Nyalla Mahmud Mattalitti

2. Arif Putra Wicaksono

3. Doni Setiabudi

4. Erick Thohir

5. Fary Djemy Francis

Daftar Calon Sementara Wakil Ketua Umum PSSI periode 2023-2027:

1. Ahmad Riyadh

2. Ahmad Syauqi Soeratno

3. Andre Rosiade

4. Doni Setiabudi

5. Duddy S Sutandi

6. Fary Djemy Francis

7. Gede Widiade

8. Hasani Abdulgani

9. Hasnuryadi Sulaiman

10. Juni A Rachman

11. Maya Damayanti

12. Ratu Tisha Destria

13. Sadikin Aksa

14. Yesayas Oktavianus

15. Yunus Nusi

16. Zainudin Amali

Pssi La Nyalla La nyalla mattalitti Erick thohir KLB PSSI Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.257

Bagikan