BolaSkor.com - PSSI baru-baru ini ingin berupaya menggantikan Manahati Lestusen dengan Ilija Spasojevic dalam 40 pemain entry by name Timnas Indonesia U-23, untuk SEA Games 2019. Tak hanya itu, PSSI juga berencana memasukkan pemain PSM M Rizky Eka, menggantikan Septian Bagaskara.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-23 sedang jalani TC untuk persiapan ke SEA Games 2019, akhir November mendatang. Ada 26-30 pemain yang hilir mudik dalam TC kali ini. Indra Sjafri sudah mendaftarkan 40 nama sementara Skuat Garuda.

Di antaranya, ada lima pemain senior. Mereka adalah Evan Dimas, Zulfiandi, Manahati Lestusen, Beto Goncalves, dan Hansamu Yama Pranata.

Evan Dimas, Zulfiandi, dan Hansamu Yama Pranata sudah bergabung di latihan Timnas Indonesia U-23. Namun hanya Evan Dimas yang bertahan. Zulfiandi dan Hansamu Yama Pranata sudah dilihat dan dikembalikan ke klub.

Sedangkan Manahati Lestusen tidak dapat membela Timnas Indonesia U-23 karena cedera. Sementara itu, Beto awalnya cedera dan tidak dapat memenuhi panggilan pemusatan latihan Skuat Garuda Muda. Namun saat ini, kondisinya sudah membaik dan akan bergabung.

Baca Juga:

Langkah Awal Ketum PSSI Iwan Bule: Timnas Indonesia U-23 Harus ke Final SEA Games hingga Piala Dunia U-20 2021

Nadeo Argawinata: Tidak Ada Perbedaan antara Pelatih Kiper Asing dengan Lokal

Alhasil, PSSI ingin menggantikan Manahati dengan Sposo. Lalu Septian Bagaskara yang cedera digantikan M Rizky Eka. PSSI berupaya ke KOI (Komite Olimpiade Indonesia) memasukkan nama keduanya dalam entry by name 40 pemain Timnas Indonesia U-23.

Namun, hal tersebut membuat geram pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri. Ia sangat menyayangkan sikap PSSI, karena kebutuhan tim tentu berdasarkan pengamatan pelatih bukan urusan federasi.

"Yang memilih pemain itu bukan PSSI, harusnya saya yang bilang, kok PSSI bisa tahu. Seharusnya tidak bisa gitu," ucap Indra Sjafri.

"Urusan PSSI hanya menanyakan ke KOI boleh atau tidak melakukan pergantian pemain. Untuk siapa yang masuk itu urusan tim pelatih," ucap eks pelatih Bali United itu.

Selain itu, pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, juga kemungkinan tak akan melepas Spaso ke Timnas Indonesia U-23. Pasalnya, Spaso pun saat ini sedang cedera.

"Mungkin tidak ada lagi (pemain ke Timnas U-23), karena sudah ada list 40 pemain. Setahu saya hanya Kadek Agung. Tahun ini dia sudah di sana dari awal. Bulan ini sama sekali tidak latihan sama kita," kata Teco. (Laporan Kontributor Putra Wijaya/Bali)