Ternyata Sosok Ini yang Membawa Frengky Missa ke Persija Jakarta

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 10 Agustus 2022
Ternyata Sosok Ini yang Membawa Frengky Missa ke Persija Jakarta
Selebrasi Frengky Missa usai membobol gawang Persis Solo di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (31/7) sore WIB. (Media Persija)

BolaSkor.com - Persija Jakarta tidak berhenti untuk mengorbitkan pemain mudanya di kompetisi kasta tertinggi Tanah Air, Liga 1. Setelah musim lalu muncul nama Ilham Rio Fahmi, kini ada sosok Frengky Deaner Missa.

Frengky Missa mencuri perhatian saat tampil di turnamen pramusim Piala Presiden 2022. Dia tampil eksplosif mengawal sisi sayap kiri Persija Jakarta.

Penampilan apiknya itu membuat pelatih Persija, Thomas Doll, mempromosikannya ke tim utama untuk tampil di Liga 1 2022/2023. Padahal Frengky tahun lalu masih bermain untuk tim Elite Pro Academy (EPA) U-18 Persija.

Frengky mengawali karier juniornya di tim UNI Papua pada 2015. Setahun berselang dia bergabung dengan klub di kampung halamannya, Soe Generation.

Pada 2019, Frengky lolos seleksi tim EPA Bali United U-16 di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Dia bermain di sana selama setahun sebelum pulang kampung karena pada 2020 kompetisi EPA dihentikan imbas pandemi COVID-19.

Perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 kemudian jadi ajang yang 'menyelematkan' karier sepak bola Frengky. Dia lolos seleksi tim sepak bola NTT untuk PON Papua.

Baca Juga:

Persija Diperkuat Tiga Kiper Belia, Andritany Mainkan Peranan Penting

Kondisi Toncip dan Hamra Hehanussa Membaik, Persija Malah Kehilangan Ryuji Utomo

Termasuk Michael Krmencik, Kondisi Kesehatan Tiga Pemain Persija Membaik

Meski gagal membawa tim sepak bola NTT berprestasi di PON Papua 2021, bakat Frengky tercium oleh Arief Priyadhi. Arief merupakan staf pelatih tim sepak bola NTT yang kebetulan bekerja juga sebagai pelatih kiper di Persija Development.

Arief Priyadhi kemudian merekomendasikan nama Frengky Missa untuk direkrut tim Persija U-18 yang akan tampil di EPA U-18 2021. Frengky akhirnya diboyong ke Sawangan dan dia hanya butuh satu tahun sebelum dipromosikan oleh Thomas Doll ke tim utama Persija.

Kepercayaan dari Thomas Doll berhasil dijawab dengan baik oleh Frengky. Dia rutin mengisi starter Persija di tiga laga awal Liga 1 musim ini. Ia bahkan sudah mencetak satu gol saat Persija mengalahkan Persis Solo di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (31/7) sore WIB.

Di luar lapangan, Frengky sering menghabiskan waktu bersama dua rekan setimnya, Alfriyanto Nico Saputra dan Ilham Rio Fahmi. Mereka kerap mengisi waktu luang dengan nonton film bareng.

Persija jakarta Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.292

Bagikan