Terobosan FIGC, Serie A Bakal Izinkan Lima Pergantian

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Rabu, 06 November 2019
Terobosan FIGC, Serie A Bakal Izinkan Lima Pergantian
Serie A. (Twitter Serie A)

BolaSkor.com - Kabar mengejutkan datang dari Italia soal aturan. Asosiasi Sepak Bola Italia (FIGC) berencana mengubah aturan pergantian pemain untuk ajang Serie A.

ANSA mengabarkan, Presiden FIGC, Gabriele Gravina, mengirim permintaan kepada badan yang mengurusi aturan sepak bola (IFAB) untuk mengubah jumlah pergantian pemain. Dari saat ini tiga, menjadi lima.

Italia memang dikenal sering membuat aturan yang cukup unik. Contohnya adalah jumlah pemain yang ada di bangku cadangan selama beberapa tahun terakhir.

Apabila pada umumnya hanya tujuh pemain cadangan yang diizinkan dalam setiap pertandingan, di Serie A beda lagi. Serie A memperbolehkan 12 pemain ada di bangku cadangan.

Baca Juga:

Magis Paulo Fonseca, Kebangkitan Chris Smalling, dan Kejutan dari AS Roma

Tekuk SPAL, AC Milan Raih Kemenangan Perdana Bersama Stefano Pioli

Trofi Serie A

Belum cukup puas dengan aturan tersebut, FIGC justru ingin menerapkan hal baru. Mereka ingin menambah jumlah maksimal pergantian pemain menjadi lima.

Ini merupakan hal baru, karena sebelumnya maksimal hanya tiga. Selain itu, jumlah yang sama juga tercipta di hampir seluruh kompetisi sepak bola top dunia.

FIGC meminta izin ke IFAB juga karena hal yang masuk akal. Pasalnya, IFAB lebih bertanggung jawab soal aturan sepak bola ketimbang badan tertinggi, FIFA.

Saat ini, klub di Serie C dan Serie D sudah melakukan aturan tersebut. Kedua kompetisi di Italia itu mengizinkan lima pergantian pemain dalam satu pertandingan.

Kini, patut dinanti, apakah terobosan FIGC tersebut akan mendapat lampu hijau dari IFAB. Apabila berhasil, Serie A akan menjadi kompetisi top Eropa pertama yang mengizinkan lima pergantian pemain.

Serie a FIGC Italia Breaking News
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan