Terobosan Melalui Dua Ide Inovatif La Liga, Dampak Kepergian Ronaldo?

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 17 Agustus 2018
Terobosan Melalui Dua Ide Inovatif La Liga, Dampak Kepergian Ronaldo?
Cristiano Ronaldo di laga El Clasico (Zimbio)

BolaSkor.com – Persaingan sepak bola di Eropa benar-benar berlangsung sengit. Bukan hanya persaingan klub-klub untuk jadi yang terbaik, atau urusan bursa transfer dengan perebutan pemain terbaik, kompetisi liga di antara lima liga top Eropa juga berjalan ketat.

Lima liga top Eropa masih didominasi Inggris (Premier League), Spanyol (La Liga), Italia (Serie A), Jerman (Bundesliga), dan Prancis (Ligue 1). Premier League masih yang terbaik berkat persaingan ketat yang terjadi di dalamnya hingga mereka disebut liga terbaik dunia. Liga lainnya pun tidak mau kalah hebat dan mencoba untuk setidaknya mendekati tingkat kepopuleran Premier League.

Juventus menjadi ujung tombak kemajuan sepak bola Italia ketika mereka merekrut megabintang berusia 33 tahun, Cristiano Ronaldo dari Real Madrid di musim panas ini. Kehadiran peraih lima Ballon d’Or dan lima titel Liga Champions tidak hanya menambah antusias fans Juve, melainkan sukses menarik atensi fans sepak bola Eropa untuk menyaksikan Serie A.

Efek domino kedatangan Ronaldo juga berdampak kepada geliat tim-tim rival yang tidak mau kalah dengan Juventus. Mereka memperkuat skuat di bursa transfer musim panas. Terutamanya Inter Milan yang sangat aktif mendatangkan pemain seperti Radja Nainggolan, Sime Vrsaljko, dan Stefan de Vrij. Serie A diprediksi bangkit musim ini dan diharapkan ... mampu menarik atensi fans seperti halnya Serie A pada periode 80 dan 90-an.

Dampak kepergian Ronaldo itu pun disinyalir memengaruhi La Liga dari sisi minat penonton menyaksikan La Liga dan berpotensi turunnya pendapatan dari hak siar. Tidak diragukan lagi, persaingan Ronaldo dengan Lionel Messi dalam sembilan tahun terakhir ini meramaikan persaingan di La Liga. Indikasi itu diperlihatkan La Liga yang langsung bergerak cepat melakukan dua terobosan.

Breaking News La liga La Liga Spanyol Premier League Cristiano Ronaldo Lionel Messi Amerika Serikat Facebook
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.137

Bagikan