Tersingkir dari Liga Champions, Atletico Kehilangan Rp480 M

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Rabu, 06 Desember 2017
Tersingkir dari Liga Champions, Atletico Kehilangan Rp480 M
Pemain Atletico Madrid usai tersingkir dari Liga Champions. (Zimbio)

BolaSkor.com - Liga Champions merupakan sumber uang bagi klub-klub Eropa. Tiap laga memiliki harga, pun dengan tiap fase yang dilewati. Berhenti berkiprah di ajang ini, berarti sumber pemasukan pun ikut setop.

Hal inilah yang saat ini dialami Atletico Madrid yang tersingkir dari Liga Champions setelah hanya bermain imbang dengan Chelsea pada laga terakhir fase grup, Rabu (06/12/17) WIB. Ini merupakan pertama kalinya Atletico gagal lolos dari fase grup dalam delapan tahun. Kondisi ini kontan berpengaruh pada situasi keuangan Atletico.

Tahun lalu, dari keikutsertaan di Liga Champions Atletico meraup 60 juta euro atau sekitar Rp960 miliar. Sedangkan tahun ini untuk periode yang sama Atletico hanya mengantongi 12,7 juta euro, plus bonus hasil laga, 500.000 untuk hasil imbang (musim ini Atletico tercatat empat kali bermain imbang) dan 1,5 juta euro untuk sekali menang. Total yang terima 16,2 juta euro.

Memang jumlah tersebut masih bisa bertambah dengan adanya pembagian keuntungan (seperti dari uang hak siar) dan penjualan tiket. Tapi dengan tambahan itu pun Atletico diperkirakan masih akan kehilangan 30 juta euro atau sekitar Rp480 miliar.

Menurut Diario AS, pihak Atletico menyatakan pihak klub masih bisa menutup uang yang melayang tersebut. Namun, untuk menyeimbangkan neraca, klub disebut harus melepas paling tidak dua pemain pada bursa tranfer Januari atau akhir musim mendatang.

Kini Los Rojiblancos tampil di Liga Europa. Atletico merupakan juara di ajang ini pada 2012 silam usai mengalahkan Athletic Bilbao di final. Kala itu, Atletico berhasil mengantongi hadiah uang total 10 juta euro. Jadi, jika ingin mengurangi beban, menjadi juara Liga Europa bisa membantu.

Liga Champions Atletico Madrid
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.069

Bagikan