BolaSkor.com - Ambisi besar Paris Saint-Germain (PSG) untuk menjuarai Liga Champions ternyata tidak terealisasi musim ini. Kendati Nasser Al-Khelaifi, pemilik PSG, telah mengeluarkan dana besar untuk merekrut Neymar dan meminjam Kylian Mbappe dari AS Monaco.

Uang memang bisa membeli kualitas bermain pada diri individu pemain, tapi, tidak bisa membeli trofi atau setidaknya menjamin kesuksesan. Kini, PSG menjalani kisah klasik yang kembali terulang lagi dan lagi: gagal di Liga Champions lalu fokus ke kompetisi lokal.

Jika sudah demikian, tidak menarik lagi menyaksikan PSG - kecuali jika Anda memang fans PSG, karena titel Ligue 1 sudah berada di genggaman, bersama turnamen-turnamen di Prancis lainnya. Topik bursa transfer pemain di musim panas mendatang justru lebih seru untuk dibahas.

Menarik untuk dinanti, apa lagi langkah yang dilakukan Al-Khelaifi untuk menuntaskan hasratnya meraih titel Liga Champions. Langkah pertama itu mungkin mengganti pelatih, karena Unai Emery terbukti tak mampu meloloskan PSG lebih dari 16 besar Liga Champions, dan dua kali beruntun kandas di fase tersebut. Kandidatnya bisa Antonio Conte atau Luis Enrique.

Lalu, kemungkinan kedua menurut AS (9/3), adalah potensi cuci gudang PSG, dengan menjual atau melepas delapan pemain yang saat ini berada di dalam skuat. Siapa saja?

1. Dani Alves

Telah berusia 34 tahun, era keemasan Alves dinilai telah berakhir, meski ia dapat menularkan pengalamannya kepada klub yang dibelanya. Tak mudah bagi PSG melepasnya, karena Alves masih memiliki kontrak hingga tahun 2019. Belum lagi ia dekat dengan kompatriotnya saat ini di PSG seperti Neymar, Thiago Silva, dan Marquinhos.

Alves memiliki harga enam juta euro di Transfermarkt, dan di pusat penelitian sepak bola CIES, seharga 4,8 juta euro. Jika pergi, ia bisa memberikan tempat di posisi bek kanan kepada Thomas Meunier.

2. Layvin Kurzawa

Nama yang satu ini memang berkualitas. Tetapi, Kurzawa bukan pemain besar yang bisa tampil oke ketika dihadapkan kepada sebuah laga besar. Perubahan di sisi ini sangat dibutuhkan PSG untuk mengimbangi sisi kanan permainan.

Kurzawa memiliki kisaran harga 22 juta euro. Ia bisa dijual lebih tinggi lagi mengingat usianya yang masih berumur 25 tahun, serta potensinya untuk berkembang menjadi bek kiri handal. Uang penjualannya bisa digunakan PSG untuk mengantisipasi regulasi Financial Fair Play (FFP).

3. Yuri Berchiche

Jika bukan karena koneksi Spanyol Emery, Berchiche mungkin takkan bergabung dengan tim bertabur bintang seperti PSG. Berchiche berada di usia emas pesepakbola Eropa, 28 tahun, dan ia pernah bermain untuk Tottenham Hotspur dan Real Sociedad.

Dengan banderolnya yang berada di kisaran 15 juta euro, Berchiche mungkin akan mengalami nasib yang sama seperti Yohan Cabaye atau Grzegorz Krychowiak, yang bergabung dengan tim papan tengah Premier League, Crystal Palace dan West Bromwich Albion. PSG memang butuh perombakkan di sisi kiri permainan.

4. Javier Pastore

Berbicara soal Pastore itu unik, antara ada dan tiada, karena namanya selalu ada di bursa transfer pemain, namun pada akhirnya tetap bertahan di Paris. Ia merupakan salah satu pemain senior PSG yang sudah bermain sejak tahun 2011.

Musim depan, mungkin akan jadi kesempatan terakhir bagi Pastore untuk memulihkan kariernya di klub lain, karena usianya sudah berusia 29 tahun untuk tahun mendatang. Harga Pastore masih lumayan tinggi, 18 juta euro. Gelandang serang asal Argentina ini masih mumpuni bermain untuk tim sekaliber Liverpool, AC Milan, Inter Milan, dan klub lainnya.

5. Adrien Rabiot

Jika ditanya kepada fans, pemain mana yang tidak ingin mereka lihat hengkang, mungkin jawabannya Rabiot. Gelandang berusia 22 tahun sudah mewakili jiwa warga Paris karena dia merupakan produk akademi PSG dan talenta lokal.

Akan tetapi, jika ada tawaran lebih dari 45 juta euro yang datang dari klub lain kepada PSG, akan sulit bagi mereka mempertahankan Rabiot. Toh, uangnya juga bisa dibeli untuk mendatangkan gelandang berkualitas lainnya.

6. Edinson Cavani

Kepergian Zlatan Ibrahimovic memang menjadi berkah untuk Cavani. Dia langsung menjadi top skor tim karena dikembalikan ke posisi aslinya, penyerang tengah. Namun, usianya telah berumur 31 tahun. Jika ingin menjualnya, maka sekarang waktu yang tepat untuk melakukannya. Mumpung Cavani masih dibanderol sekitar 60 hingga 88,9 juta euro.

Banderol Cavani mahal karena kualitasnya sebagai striker yang oportunis. Andai PSG benar menjualnya, mereka bisa mencari penyerang muda berkualitas lainnya untuk mengimbangi kecepatan Neymar dan Mbappe di lini depan.

7. Angel Di Maria

Daftar pemain yang mungkin dilepas berikutnya aadalah Di Maria. Winger asal Argentina berusia 30 tahun tidak selalu bermain reguler di PSG. Apalagi semenjak kedatangan Mbappe dan Neymar. Belum lagi, PSG memiliki pemain lainnya yang bermain di posisi Di Maria, Julian Draxler.

Dengan pengalamannya di Eropa kala bermain untuk Real Madrid, Manchester United, dan PSG, Di Maria masih akan direbutkan banyak klub top Eropa, yang berani menawarnya lebih dari 40 juta euro.

8. Marco Verratti

Sifat emosional Verratti memang berpotensi mengurangi nilai jualnya di bursa transfer pemain. Namun, ketika berada dalam kondisi terbaiknya, Verratti memiliki kemampuan mengatur tempo bermain di lini tengah.

Dalam kondisi prima, Verratti tidak kalah hebat ketimbang Xavi Hernandez atau Andrea Pirlo, dari segi distribusi aliran bola. Ia ditaksir Barcelona dan harganya dibanderol sekitar 70 juta euro.