Bolaskor.com - Manchester United kembali ke tradisi lama setelah memecat Jose Mourinho beberapa waktu lalu. Ole Gunnar Solskjaer, legenda klub pada medio 1996-2007, ditunjuk sebagai manajer anyar bersama Mike Phelan, eks asisten manajer era Sir Alex Ferguson.

Efeknya bisa dilihat ketika Man United menang 5-1 atas Cardiff City di pekan 18 Premier League, Minggu (23/12) dini hari WIB. Kendati melawan tim promosi yang berkutat menjauh dari zona degradasi, penampilan Man United kembali ke habitatnya.

Paul Pogba dkk menampilkan sepak bola ofensif yang jarang terlihat ketika dilatih Mourinho. Lima gol yang tercipta untuk kali pertama terjadi dan dilakukan Man United sejak Ferguson pensiun di tahun 2013.

Jajaran direksi Man United menunjuk Solskjaer dan Phelan untuk berada di manajerial klub demi dapat membangkitkan tim, plus mengembalikan kultur di klub yang sudah meraih 20 titel Premier League.

Baca Juga:

Cardiff City 1-5 Man United, Lima Gol Setan Merah Sejak Sir Alex Pensiun di Tahun 2013

Sejumlah Catatan Menarik dari Kemenangan 5-1 Manchester United

"Ole adalah legenda klub dengan pengalaman besar, baik di lapangan pertandingan atau peran kepelatihan. Sejarahnya di Manchester United mengartikan dia hidup dan bernafas dengan kultur di sini," ujar Ed Woodward, Executive Vice-Chairman, ketika klub mengumumkan Solskjaer sebagai manajer anyar.

"Semuanya di klub senang memilikinya di sini dan Mike Phelan kembali. Kami percaya diri mereka akan menyatukan pemain dan fans selagi kami semua menuju paruh kedua musim," lanjutnya.

Proyek 'legenda' yang sedang dilakukan manajemen Man United terus berlanjut. Peter Schmeichel, kiper legendaris Setan Merah, tertarik untuk mengisi jabatan Direktur Olahraga Man united.

Peter Schmeichel

"Saya sebenarnya berpikir menempatkan nama saya di sana (jajaran direksi, lebih khususnya Direktur Olahraga). Hal terpenting adalah mengembalikan kultur dan identitas Manchester United," papar Schmeichel, diberitakan Guardian.

"Saya mempertimbangkan 'Apakah saya punya kualitas?' Dan jika saya harus menjawab pertanyaan itu, maka saya akan menempatkan nama saya. Saya telah memikirkannya sepanjang Natal dan Tahun Baru untuk memberi keputusan."

Direktur Olahraga memang salah satu jawaban yang lowong dan diwacanakan eksis di Man United. Sebab selama ini, seluruh pekerjaan di dapur direksi dikerjakan oleh Ed Woodward.
Keberadaan Direktur Olahraga akan memudahkan komunikasi, menjembatani antara direksi dengan manajer, khususnya ketika fokus membahas transfer pemain.

Schmeichel delapan tahun bermain untuk Man United pada medio 1991-1999. Dalam kurun waktu itu dia meraih lima titel Premier League, tiga Piala FA, dan satu Liga Champions. Momen bersejarahnya tentu saja treble winners 1999.