Tertutup Kegemilangan Salah, Firmino Tidak Kalah Hebat dengan Jiwa Petarungnya di Liverpool

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 18 April 2018
Tertutup Kegemilangan Salah, Firmino Tidak Kalah Hebat dengan Jiwa Petarungnya di Liverpool
Roberto Firmino tidak kalah hebat dibanding Mo Salah (Getty Images)

BolaSkor.com - Liverpool memiliki trisula lini depan terbaik di Eropa saat ini yang ditempati oleh: Sadio Mane, Roberto Firmino, dan Mohamed Salah. Total, ketiganya telah menyumbangkan 82 gol untuk The Reds musim ini. Kegemilangan ketiganya mengingatkan publik akan kehebatan trio MSN (Lionel Messi, Luis Suarez, dan Neymar) di Barcelona pada masa lalu.

Di antara ketiga striker Liverpool, Salah paling terdepan melalui total 40 golnya di seluruh kompetisi. Media pun ramai membicarakan rekornya dan membandingkannya dengan legenda Liverpool, Ian Rush. Namun publik lupa, jika Firmino dan Mane juga memiliki kontribusinya sendiri kepada tim, khususnya Firmino.

Pemain asal Brasil yang telah mencetak total 25 gol untuk Liverpool musim ini, memiliki kelebihan determinasi dan kerja kerasnya ketika bermain yang siap berkorban demi kepentingan tim. Tidak hanya mencetak gol, Firmino juga dapat membuka ruang bagi rekan setim dan terpenting, dia mewakili dengan baik sistem gegenpressing Jurgen Klopp. Firmino mengawali high pressing kepada lawan ketika mereka menguasai bola di garis ketiga pertahanan lawan.

Sekilas, kerja keras dan jiwa petarung Firmino mengingatkan publik Anfield kepada mantan pemain yang menjadi idola mereka, Dirk Kuyt. Pria asal Belanda ini bermain untuk Liverpool selama enam tahun dan publik menyukainya, karena Kuyt berjuang habis-habisan ketika mengenakan jersey Liverpool.

Kuyt pun mengakui, jika Firmino merupakan pemain Liverpool paling spesial di matanya. Firmino, 26 tahun, bukan sekedar penyerang biasa untuk tim asal Merseyside tersebut.

"Dia (Firmino) punya gaya mainnya sendiri dan itulah yang menjadikannya spesial. Itulah yang saya sukai darinya. Pencetak gol tipikal atau berbeda biasa Anda lihat di Eropa, tapi Firmino punya gayanya sendiri dan dia punya kemampuan spesialnya sendiri; dia pencetak gol hebat, tapi juga memberi umpan untuk pemain di sekitarnya," tutur Kuyt, diberitakan Mirror, Rabu (18/4).

"Dia pencetak gol hebat, tapi juga pemain tim dengan segala hal yang dilakukannya. Saya tidak mengenalnya dengan baik, tapi jika saya melihatnya bermain, terlihat dia ingin menang dengan tim dan dia bukan tipe pemain, yang mencetak gol untuk dirinya. Dia pemain komplet yang memberikan hal hebat untuk Liverpool."

"Saya juga berpikir dia pekerja keras, tidak egois, dan terus bekerja keras. Saya hampir menyaksikan seluruh pertandingan dan saya melihat, dia selalu memberikan segalanya. Terkadang, dia tidak mencetak gol atau memberi assist, tapi untuk satu hal, dia selalu memberikan segalanya," puji Kuyt yang terakhir bermain untuk Feyenoord sebelum pensiun.

Liverpool Mohamed salah Roberto Firmino Dirk Kuyt
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan