Terungkap, Andil Sir Alex Ferguson di Balik Kemenangan Dramatis Roma Atas Barcelona

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 11 April 2018
Terungkap, Andil Sir Alex Ferguson di Balik Kemenangan Dramatis Roma Atas Barcelona
Sir Alex Ferguson menyaksikan pertandingan AS Roma vs Barcelona (Getty Images)

BolaSkor.com - Drama selalu jadi bagian tak terpisahkan dari dunia sepak bola, khususnya sepak bola Eropa yang sering kita semua lihat di Liga Champions. Drama itu terjadi di Stadio Olimpico, tempat leg kedua delapan besar Liga Champions berlangsung antara AS Roma dengan Barcelona.

Roma tidak menyandang status tim favorit ketika menjamu Barca, karena di leg pertama kalah 1-4. Namun, status non-unggulan itu membuat pemain Giallorossi bermain nothing to lose. Dengan kegigihan bermain ala petarung gladiator Roma di masa lalu, Roma memenangi pertandingan dengan dramatis melalui gol yang diciptakan Edin Dzeko, Daniele De Rossi (penalti), dan Kostas Manolas. Roma lolos ke semifinal dengan agregat gol 4-4 - Roma unggul agresivitas gol tandang.

Di balik comeback dramatis yang dilakukan armada Eusebio Di Francesco, ada sosok Sir Alex Ferguson yang menjadi "jimat" bagi Roma. Presiden Roma, Jim Pallotta, mengaku sengaja mengundang Ferguson untuk menyaksikan pertandingan untuk membawa keberuntungan.

"Itulah mengapa saya membawa Sir Alex Ferguson, untuk memberikan keberuntungan!" ucap Pallotta ketika ditanya mengapa mengundang Ferguson. Memang, Ferguson tidak langsung turun ke ruang ganti pemain atau memberi semangat kepada De Rossi cs. Namun, kehadirannya saja sudah cukup bagus untuk Roma.

Jika Anda pecinta sepak bola lawas, khususnya fans Manchester United, Anda takkan pernah memalingkan mata ketika Man United bermain di bawah asuhan Ferguson selama 26 tahun. Manajer tersukses Britania Raya itu terkenal sebagai spesialis comeback, hingga ada istilah "Fergie Time".

Istilah itu merujuk pada momen comeback yang biasa dilakukan Man United di masa lalu. Entah itu gol penyama kedudukan atau gol penentu kemenangan. Ferguson selalu menanamkan mental kuat pada anak asuhnya di Man United. Itulah mengapa, kehadirannya itu barangkali menjadi keberuntungan bagi Roma untuk tampil habis-habisan melawan Barcelona.

Uniknya, sebelum Roma menyingkirkan Barcelona, Man United juga memenangi laga melawan Manchester City di Manchester Derby ketika sudah tertinggal 0-2 di paruh pertama. Red Devils bangkit di babak kedua dan berbalik menang 3-2. Saat itu, Ferguson juga hadir dan menyaksikan pertandingan Man United di Etihad Stadium.

Kebetulan atau tidak? Tidak ada yang tahu pastinya. Terpenting, Roma lolos ke semifinal, kendati kedatangan Ferguson, ironisnya, bertepat pada 11 tahun momen ketika Man United membantai Roma 7-1 di Stadio Olimpico. Bagi fans Roma yang percaya takhayul, mereka sangat ingin Ferguson terus datang menyaksikan Roma di semifinal dan semoga saja, sampai ke final.

Liga Champions AS Roma FC Barcelona Sir Alex Ferguson
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.174

Bagikan