Terungkap Penyebab Nihilnya Pemain Asal Papua di Timnas Indonesia pada Piala AFF 2018

Muhammad AdiyaksaMuhammad Adiyaksa - Rabu, 21 November 2018
Terungkap Penyebab Nihilnya Pemain Asal Papua di Timnas Indonesia pada Piala AFF 2018
Timnas Indonesia. (AFF Suzuki Cup).

BolaSkor.com - Timnas Indonesia yang mengarungi Piala AFF 2018 nihil pemain asal Papua. Dari 23 nama yang dipanggil, tak ada satupun yang berdarah dari pulau paling timur di Indonesia tersebut.

Ini merupakan rekor tersendiri bagi Timnas Indonesia. Sejak edisi pertama Piala AFF pada 1996 silm, tim berjuluk Skuat Garuda ini selalu diperkuat bakat asal Papua.

Dari sudut pandang pelatih Persipura Jayapura, Oswaldo Lessa, ketiadaan pemain Papua di Timnas Indonesia menjadi sesuatu yang tidak mengagetkan. Arsitek asal Brasil itu menilik dari pencapaian timnya di musim ini.

"Momen. Itu sepak bola. Momen sekarang saya tidak bisa bohong. Momen tim Persipura tidak bagus sekali.
Saya bekerja di Persipura tujuh tahun. Pertama kali saya lihat Persipura kalah lebih dari satu kali di dalam Stadion Mandala di musim ini," ujar Lessa kepada BolaSkor.com.

"Itu momen, momen kita tidak bagus sekali. Mungkin untuk memanggil pemain ke Timnas Indonesia, mereka (tim pelatih Timnas Indonesia) melihat momen, momen sekarang tidak bagus," kata Lessa menambahkan.

Lessa tidak bohong. Prestasi Persipura jomplang sekali dalam dua tahun belakangan. Setelah menjuarai Indonesia Soccer Championship (ISC) pada 2016, tim berjuluk Mutiara Hitam itu hanya finis di posisi ketujuh pada musim lalu.

Hingga pekan ke-31 di musim ini, bahkan Persipura terpuruk di peringkat ke-12 dengan 41 poin. "Saya setuju karena pemain untuk main di tim atau Timnas Indonesia harus momen bagus. Momen kami kurang bagus, kami harus memperbaiki tahun ini untuk tahun depan," imbuh Lessa.

"Saya pikir tahun depan atau dua tahun ke depan karena ada banyak pemain muda kualitas tinggi sekali, kita bisa bantu Timnas Indonesia lagi," tuturnya.

Timnas Indonesia Piala aff Piala AFF 2018 Oswaldo Lessa Papua
Posts

1.188

Bagikan