Terungkap, Peran Mikel Arteta di Balik Kemenangan Man City atas Arsenal

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 16 Agustus 2018
Terungkap, Peran Mikel Arteta di Balik Kemenangan Man City atas Arsenal
Mikel Arteta dan Pep Guardiola (Zimbio)

BolaSkor.com – Juara bertahan Premier League, Manchester City mengawali perjalanan musim ini dengan meraih kemenangan 2-0 kontra klub yang sedang memulai era baru, Arsenal. The Citizens menang melalui gol yang diciptakan Raheem Sterling dan Bernardo Silva.

Pertandingan berjalan seru di Emirates Stadium. Jual-beli serangan tersaji di antara kedua tim yang sama-sama mengusung filosofi sepak bola ofensif. Man City lebih unggul dari segi penguasaan bola dan pressing kepada lawan. Maklum, mereka sudah tiga musim dilatih oleh Pep Guardiola.

Sedangkan Arsenal baru memulai perjalanan dengan Unai Emery, menggantikan Arsene Wenger yang sudah 22 tahun melatih The Gunners. Jadi, wajar jika Arsenal kalah hampir di semua aspek dari Man City. Apalagi, Man City memiliki mata-mata bernama Mikel Arteta.

Pria asal Spanyol pernah menjadi kapten Arsenal dan bermain di sana pada medio 2011-2016, sebelum banting setir ke dunia kepelatihan dan menjadi asisten pelatih Guardiola di Man City. Dua tahun bersama Guardiola, Arteta menambah pengalaman dan wawasannya tentang sepak bola. Dia telah menunjukkan peran krusialnya di balik kemenangan City melawan mantan klubnya.

Andil di Balik Proses Gol Silva

Sterling mencetak gol indah dengan menempatkan bola di sisi kiri gawang Arsenal yang dijaga Petr Cech. Sementara gol Silva tercipta melalui kerja sama apik yang diciptakan Benjamin Mendy, Sterling, dan Silva. Mendy melakukan operan satu-dua dengan Sterling, lalu mengirim umpan silang mendatar yang disambar Silva dengan menggunakan kaki kirinya.

“Apakah Anda ingat pada laga Minggu lalu, setelah gol kedua, Pep memeluk Mikel?,” ujar Marti Perarnau, penulis dua buku Guardiola saat dia melatih Bayern Munchen selama tiga musim, diberitakan Goal, Rabu (15/8). “Itu karena Mikel berkata kepada Mendy ‘Jangan berikan umpan silang tinggi ketika Anda mencapai pertahanan lawan, lakukan umpan silang mendatar. Dia juga berbicara kepada Mendy dan Sterling.”

Peran krusial Arteta itu mengindikasikan kesiapan melatih klubnya sendiri. Terlepas dari fakta dia mengetahui dapur Arsenal, Arteta juga menyalurkan gagasan bermain Guardiola kepada pemain Man City. Contoh: memberitahu Fabian Delph caranya bermain sebagai bek kiri, meski aslinya dia gelandang tengah.

Sebelum kedatangan Emery, Arteta memang sempat diisukan menggantikan Wenger di Arsenal. Namun tidak ada yang terealisasi. Arteta bertahan di City dan peringkatnya juga naik di staf kepelatihan City, setelah kepergian Domenec Torrent - asisten pelatih yang telah lama mengabdi kepada Guardiola - ke New York City FC.

Breaking News Arsenal Premier League English Premier League Manchester City Mikel Arteta
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.138

Bagikan