Terus Merajut Mimpi Menginspirasi Publik, Pencipta Captain Tsubasa Nikmati Peran Baru

Arief HadiArief Hadi - Kamis, 09 Februari 2023
Terus Merajut Mimpi Menginspirasi Publik, Pencipta Captain Tsubasa Nikmati Peran Baru
Yoichi Takahashi dan Captain Tsubasa (Twitter)

BolaSkor.com - Melalui satu karya setiap orang dapat menginspirasi orang lainnya. Keajaiban itulah yang terjadi kepada karya kartunis dan penulis manga dari Jepang, Yoichi Takahashi, dengan salah satu mahakaryanya: Captain Tsubasa.

Takahashi memulainya pada 1981 dengan membuat kisah mengenai karakter utama di Captain Tsubasa, Tsubasa Ozora. Kisah perjalanan Tsubasa dalam merajut mimpi di dunia sepak bola hingga ia sukses banyak menginspirasi orang lain.

Kendati fiktif dengan cara sepak bola dimainkan di dalam animasi, manga, atau film Captain Tsubasa, kegigihannya untuk mengejar mimpi sangat menginspirasi khususnya timnas Jepang yang lambat laun konsisten bermain di Piala Dunia.

Karya Takahashi itu mendunia dengan beberapa sebutannya di negara lain seperti Holly e Benji di Italia atau Super Campeones di Spanyol dengan bahasa Amerika Latin. Bahkan Captain Tsubasa juga jadi inspirasi bagi nama-nama besar dunia sepak bola sesungguhnya, seperti Lionel Messi dan Andres Iniesta.

Baca juga:

5 Pemain Thailand yang Pernah Bermain di J1 League

Nankatsu SC, dari Manga Menuju Dunia Nyata

5 Fakta Tersembunyi Nabil Fekir: Punya Luka karena Ketumpahan Minyak

Takahashi dahulu membuat Captain Tsubasa dengan niatan membantu mempopulerkan sepak bola di Jepang, yang belum punya liga profesional kala itu. Saat ini, lebih dari 100 negara diyakini sudah melihat serial Captain Tsubasa, dengan cerita dalam bentuk buku (komik) dijual lebih dari 70 juta copy di Jepang dan 10 juta lebih di dunia.

"Saya benar-benar tidak menyangka orang-orang di dunia akan melihatnya (Captain Tsubasa)," ucap Takahashi kepada AFP di Tokyo Studio milikinya, di dalam ruangan yang juga berisikan jersey digantung dengan nama-nama terkenal seperti Iniesta, Fernando Torres, dan Lukas Podolski.

Dunia Berbeda

Isekai. Itulah sebutan dalam bahasa Jepang untuk bentuk dunia berbeda. Takahashi kini menjalani dua kehidupan berbeda di isekai berbeda: satu sebagai kartunis dan satunya lagi di dunia sesungguhnya sebagai pemilik klub sepak bola.

Takahashi sudah mulai terlibat klub lokal pada 10 tahun lalu, kemudian jadi pemilik klub pada 2019, membantu mereka naik ke divisi lima pada kasta sepak bola Jepang. Klub dinamai Nankatsu FC, nama yang notabene nama tim sekolah Captain Tsubasa.

Takahashi ingin membawa Nankatsu FC ke liga profesional untuk kali pertama dan saat ini berjuang untuk promosi ke J3, kasta ketiga sepak bola Jepang.

"Di Eropa wajar apabila Anda mendukung klub lokal, tapi kami tak punya budaya itu di Jepang. Saya tak punya klub lokal jadi saya ingin menciptakan satu klub tersebut," terang Takahashi.

Keseriusan Takahashi untuk mengembangkan Nankatsu tidak main-main. Ada potensi dari bantuan pemerintah setempat, stadion baru akan dibangun dan jika terealisasi maka itu akan bernama Captain Tsubasa Stadium.

Bahkan sudah ada rencana untuk membuat museum dengan karakter-karakter yang ada di dalam Captain Tsubasa, untuk menarik perhatian turis di dunia. Promosi itu berlanjut dan kini skuad sudah punya dua nama mantan pemain timnas Jepang, Junichi Inamoto dan Yasuyuki Konno.

Menjalani hidup sebagai pemilik klub sepak bola berbeda. Takahashi menyadari hal tersebut dibanding aktivitas sebelumnya sebagai kartunis.

"Dengan sebuah komik, Anda bisa menutup diri Anda di ruangan dan menggambar semau Anda, tapi ketika Anda jadi pemilik (klub) Anda harus bertemu dengan banyak orang dan mengatur rencana," papar Takahashi.

Pekerjaan sebagai pemilik klub menyita banyak waktu bagi Takahashi, tetapi fans tidak perlu berkecil hati karena Takahashi masih terus berkarya di sela-sela kesibukannya tersebut.

"Saya bisa melakukan suatu hal baru dari sini. Itu tak berarti saya akan sepenuhnya berhenti mengerjakan pekerjaan kreatif. Saya ingin memulai sesuatu dengan cara saya sendiri, selagi saya masih punya enerji," terang Takahashi.

Pada akhirnya Takahashi memiliki satu kesamaan baik dengan karyanya atau kehidupan sebagai pemilik klub: menginspirasi orang. Captain Tsubasa sudah menginspirasi banyak orang, kini Takahashi berharap hal yang sama bisa dilakukannya dengan cara Nankatsu berjuang untuk perlahan masuk J-League.

"Komik merupakan sesuatu, yang di dalam hati, untuk anak-anak. Jika satu komik dapat memiliki dampak positif kepada anak-anak di tahapan hidup mereka, maka itu akan membuat saya sangat bahagia," urai Takahashi.

Captain Tsubasa Jepang Timnas Jepang Sosok
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.161

Bagikan