BolaSkor.com - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menekankan kepada setiap cabang olahraga yang masih melakukan pemusatan latihan (pelatnas) memprioritaskan keselamatan para atlet. Menurut Menpora, prestasi bisa dikejar, tetapi kesehatan nomor utama.

Pemerintah DKI Jakarta resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai Jumat (10/4). Situasi tersebut membuat fasilitas umum, termasuk gedung olahraga akan ditutup sementara.

Adapun dua cabang olahraga yakni bulu tangkis dan angkat besi tetap bersikeras melakukan pelatnas. Bahkan, secara terbuka, PBSI meminta keringanan terkait PSBB.

Baca Juga:

Petinggi NBA Tak Yakin Bisa Gelar Kompetisi Sebelum Mei 2020

Kobe Bryant, Tim Duncan, dan Kevin Garnett Tembus Kelas Hall of Fame 2020

“Kita harus patuhi aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Kalau dinyatakan tidak bisa maka jangan memaksakan diri. Yang paling penting sekarang diutamakan adalah kesehatan dan keselamatan para atlet, pelatih, dan ofisial," kata Amali.

PBSI dan angkat besi bersikeras tetap menggelar pelatnas demi menjaga kondisi fisik para atlet. Menpora memahami alasan tersebut, tetapi ia tidak ingin keselamatan atlet menjadi korban.

“Yang lain, kita urus setelah wabah virus Covid-19 ini selesai. Pelatnas kan tujuannya untuk prestasi atlet, tapi kalau sampai atlet atau pelatihnya sakit, apalagi jika penyakitnya membahayakan jiwa berarti sia-sia melakukan pelatnas. Kalau tak selamat maka prestasi tak mungkin diraih dan kita semua yang rugi," ujar Amali.