Tetap Latih Timnas Italia, Roberto Mancini Dipenuhi Penyesalan

Arief HadiArief Hadi - Senin, 28 Maret 2022
Tetap Latih Timnas Italia, Roberto Mancini Dipenuhi Penyesalan
Roberto Mancini (Twitter)

BolaSkor.com - FIGC selaku Federasi Sepak Bola Italia tidak gegabah mengambil keputusan mengenai masa depan Roberto Mancini di timnas Italia. Sang pelatih masih terus membesut Italia meski Gli Azzurri gagal lolos ke Piala Dunia 2022.

Seperti diketahui, Italia untuk dua kali beruntun gagal lolos Piala Dunia dan jadi yang pertama dalam sejarah sepak bola dunia. Ironis, mengingat Italia adalah empat kali juara Piala Dunia dan juga juara bertahan Piala Eropa.

Italia gagal melalui hadangan Makedonia Utara di semifinal play-off dan kalah 0-1 di menit tambahan babak kedua dari gol Aleksandar Trajkovski. Italia tak memiliki penyelesaian akhir meski punya 66 persen penguasaan bola dan 32 tendandan.

Nasib Mancini yang kontraknya berakhir pada 2026 sempat dipertanyakan, namun FIGC masih memercayainya dan Mancini fokus menghadapi laga uji coba terdekat lawan Turki serta membahas perjalanannya selama empat tahun terakhir.

Baca Juga:

Daftar 19 Tim yang Memastikan Diri Berlaga di Piala Dunia 2022: Jangan Cari Italia

Kegagalan Italia adalah Balasan Rentetan Dosa di Masa Lalu

Timnas Italia: Juara Piala Eropa, Merana di Piala Dunia

“Kami sudah berbicara beberapa hari ini. Saya pikir kami memiliki ide yang sama dalam segala hal. Kami akan berbicara lagi dalam beberapa hari ke depan."

"Sekarang, mari kita fokus pada permainan, lalu kita lihat apa yang harus kita tingkatkan di masa depan. Semuanya ada di sini," terang Mancini dikutip dari Football-Italia.

“Kami perlu memulai lagi dan memikirkan situasi yang berbeda. Kami memiliki pertandingan yang sulit di depan. Kita lihat saja nanti."

“Meskipun kekecewaan besar, saya senang melihat bahwa pekerjaan yang telah kami lakukan dalam empat tahun terakhir telah diapresiasi. Kemenangan di Piala Eropa bukanlah satu-satunya hal baik yang kami lakukan."

"Para pemain pantas mendapatkan pujian atas apa yang telah kami lakukan. Saya dapat mengatakan bahwa para pemain ini istimewa. Grup ini luar biasa,” tegas dia.

Mancini juga masih dihantui penyesalan karena Italia tak dapat finish sebagai pemuncak klasemen di fase grup Piala Dunia 2022.

“Kami seharusnya memenangkan grup kualifikasi dengan setidaknya dua poin lebih banyak dari Swiss. Kami seharusnya memenangkan pertandingan di Basel 3-0," keluh Mancini.

"Sejak September, kami belum beruntung, dan saya tidak bisa menyalahkan pemain saya karena kami selalu memainkan sepak bola yang bagus. Kami tidak klinikal. Kami membuat kesalahan, kami menyia-nyiakan banyak peluang."

“Saya pikir Anda semua ingat pertandingan di Basel. Kami seharusnya mencetak dua gol. Kami akan melihat kesalahan kami. Sekarang tidak ada gunanya berbicara. Kami tidak ingin mencari alasan."

Mantan pelatih Manchester City dan Inter Milan itu kini menatap Piala Eropa dan Piala Dunia berikutnya. Mancini ingin mempersiapkan segalanya termasuk meregenerasi skuad. Itu juga menandakan dia bertahan untuk terus melatih Italia.

“Kami akan memiliki kesempatan untuk menambah pemain muda yang, kami harap, akan memiliki lebih banyak peluang dengan klub mereka. Ini sangat penting. Ada banyak pemain muda yang memiliki ambisi untuk bermain bersama Italia dan memiliki masa depan cerah," imbuh Mancini.

“Kita bisa melihat potensi pemain muda. Tim saat ini, dengan beberapa tambahan, bisa saja memenangkan Piala Dunia. Ada banyak hal yang perlu kami lihat, tentu saja, kami akan mengubah sesuatu dari pertandingan berikutnya. Kami harus melihat Piala eropa dalam dua tahun dan mempersiapkan tim untuk lolos. Ini adalah pekerjaan kami."

“Saya ingin memenangkan Piala Eropa dan Piala Dunia. Saya harus menunggu Piala Dunia, tetapi saya menyukai pekerjaan ini dan saya ingin mengatur sesuatu yang penting. Selain kekecewaan ini, sisanya berlanjut…” urai Mancini.

Roberto Mancini Italia Timnas Italia Piala dunia 2022
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan