BolaSkor.com - Justin Gaethje terkapar tak berdaya di Oktagon. Khabib Nurmagomedov menguncinya dengan triangle choke, sekaligus membuatnya menjadi pemenang UFC 254 yang berlangsung di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Minggu (25/10).

Bukan selebrasi, tak juga teriakan penuh semangat, Khabib justru langsung bersujud di Oktagon, meneteskan air mata setelah sukses memertahankan gelar juara dunia kelas ringannya. Air mata itu merupakan persembahan untuk sang Ayah, Abdumanap Nurmagomedov.

Abdulmanap biasanya selalu menemani Khabib setiap bertanding. Tak pernah ada satu pertarungan di mana Abdumanap absen.

Namun, Khabib harus bertarung dengan Justin tak ditemani Abdumanap. Sang Ayah telah berpulang pada Juli 2020 dan membawa luka yang mendalam kepada Khabib.

“Saya tidak mengerti mengapa kalian terus menanyakan hal ini kepada saya. Ini sangat sulit. Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda punya ayah? Jika sesuatu terjadi padanya, itu akan sulit atau malah mudah? Saya manusia juga, tentu saja itu sangat sulit,” ujar Khabib saat ditanya mengenai kepergian Abdumanap.

Baca Juga:

Kalahkan Justin Gaethje di UFC 254, Khabib Nurmagomedov Undur Diri

Rusia Bantah Tudingan Serangan Siber Olimpiade Tokyo 2020

Pernyataan tersebut dikeluarkan Khabib dengan penuh emosi. Kepergian Abdulmanap menorehkan luka yang cukup dalam baginya.

Selepas mengalahkan Justin, tak hanya tetes air mata yang dikeluarkan Khabib. The Eagle turut pamit dari UFC.

“Ini pertarungan terakhir saya. Tidak mungkin saya datang ke sini tanpa ayah saya. Saat UFC menelpon saya bersama Justin [Gaethje], saya berbicara dengan ibu selama tiga hari," ujar Khabib usai pertarungan.

“Saya berjanji padanya ini akan jadi pertarungan terakhir saya. Saya harus menepati janji saya. Ini pertarungan terakhir,” imbuh dia.

Khabib meninggalkan UFC dengan tinta emas. Gelar juara hingga rekor tak terkalahkan hingga pensiun ditorehkan Khabib.

Dari 29 pertarungan yang dijalani Khabib, tak sekalipun ia kalah. Khabib pergi dengan meninggalkan legacy besar di dunia Mixed Martial Arts, enjoy your retirement champ!