TGIPF Tragedi Kanjuruhan Gelar Rapat Perdana, Pembagian Tugas Mulai Dirumuskan

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Rabu, 05 Oktober 2022
TGIPF Tragedi Kanjuruhan Gelar Rapat Perdana, Pembagian Tugas Mulai Dirumuskan
Suasana rapat TGIPF Tragedi Kanjuruhan di Kantor Kemenko Polhukam RI, Jakarta, Selasa (4/10). (TGIPF)

BolaSkor.com - Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan menggelar pertemuan perdana di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Kemenko Polhukam RI), Jakarta, Selasa (4/10).

Rapat dihadiri oleh 13 anggota TGIPF. Termasuk Nugroho Setiawan dan Kurniawan Dwi Yulianto yang bergabung dalam rapat secara daring karena sedang berada di luar Jakarta.

"Rapat pertama ini kami saling mengenal karena berasal dari berbagai latar belakang. Bapak Menko Polhukam (Mahfud MD) sebagai Ketua TGIPF sudah memperkenalkan kita, kemudian kita menyampaikan bagaimana pandangan kita terhadap tim ini dan selanjutnya akan menyusun rencana apa yang harus kita lakukan dengan tugas ini," kata Wakil Ketua TGIPF, Zainudin Amali.

Baca Juga:

Arema FC Wujudkan Tanggung Jawab Moril bersama PSSI

Korban Meninggal Dunia Tragedi Kanjuruhan Menjadi 131 Orang

PSSI Klaim Polisi Tahu Gas Air Mata Dilarang Digunakan di Dalam Stadion

Zainudin Amali mengatakan pembagian tugas untuk setiap anggota akan segera dirumuskan. Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) itu juga memastikan dan menjamin TGIPF akan bekerja secara cepat, transparan, dan akuntabel.

Pasalnya, Tragedi Kanjuruhan ini menyebabkan ratusan suporter Arema FC meregang nyawa usai menyaksikan pertandingan melawan Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10). Mayoritas korban meninggal diduga karena berdesak-desakan di pintu keluar.

Rekaman kejadian mengerikan itu sempat tersiar di media sosial. Suporter panik akibat tembakan gas air mata dari anggota kepolisian untuk membubarkan massa yang sempat merangsek ke dalam lapangan.

"Setelah ini, pada hari-hari berikutnya akan ada progress yang disampaikan oleh tim," ujar Amali.

Nantinya, untuk menyampaikan perkembangan hasil kerja TGIPF Tragedi Kanjuruhan, akan dibentuk tim komunikasi. Ini dilakukan supaya tidak ada kesalahan informasi yang didapat oleh masyarakat.

"Mudah-mudahan ada jubir (juru bicara) yang ditunjuk. Untuk saat ini belum ada, mungkin nanti ada," timpal Anggota TGIPF, Laode Muhammad Syarif.

Arema FC Aremania Kanjuruhan Stadion Kanjuruhan Malang Stadion kanjuruhan Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.253

Bagikan