BolaSkor.com - Penjaga gawang Real Madrid, Thibaut Courtois di ambang pemecahan rekor yang dipegang kiper Atletico Madrid, Jan Oblak mengenai penghargaan individu Zamora atau Kiper Terbaik LaLiga.

Real Madrid menjaga singgasana klasemen LaLiga dengan kemenangan 2-0 melawan RCD Mallorca di Stadio Alfredo Di Stefano, Kamis (25/06) dini hari WIB. Dua gol kemenangan Los Blancos dicetak oleh Vinicius Junior (19') dan Sergio Ramos (56').

Real Madrid meraih 68 poin dan sama dengan Barcelona namun unggul head to head. Hebatnya lagi kemenangan itu diraih dengan clean sheets alias tanpa kebobolan hingga Madrid masih jadi tim dengan pertahanan terbaik: baru kebobolan 21 gol.

Courtois (28 tahun) menjadi aktor di balik ketangguhan lini belakang Madrid selain bek-bek yang juga berkualitas. Sejak datang dari Chelsea pada 2018 musim ini menjadi musim terbaik kiper asal Belgia dengan Madrid.

Baca Juga:

Gol Tendangan Bebas, Penantian Sergio Ramos Selama Enam Tahun

Real Madrid Dituding Dibantu Wasit, Sergio Ramos Buka Suara

Gol Tendangan Bebas Toni Kroos, Satu-satunya Kenangan Manis Jerman di Piala Dunia 2018

Thibaut Courtois

Menurut Marca, Courtois kebobolan 18 gol dari 28 laga LaLiga musim ini di LaLiga dengan rata-rata jumlah kebobolan 0,64 per laga. Itu sudah mengungguli Jan Oblak dengan rata-rata jumlah kebobolan 0,71 per laga setelah kebobolan 22 gol dari 31 laga.

Di bawah mereka ada Unai Simon (0,86 gol), David Soria (0,94), dan Marc-Andre ter Stegen (0,97). Tak ayal Courtois terdepan dalam memenangi penghargaan Zamora. Tentu saja itu akan lebih spesial jika Madrid memenangi LaLiga.

Apabila Courtois memenanginya maka untuk kali pertama sejak musim 2007-08 kiper Real Madrid meraih Zamora yang terakhir dimenangi legenda klub, Iker Casillas. Sejak saat itu Casillas, Diego Lopez, hingga Keylor Navas urung memenanginya.

Sebaliknya Oblak yang membela rival sekota memenanginya di empat musim terakhir. Kiper asal Slovenia berumur 27 tahun terbantu dengan filosofi Diego Simeone yang kuat ketika bertahan dan mengandalkan serangan balik.

Courtois pernah memenangi Zamora di masa lalu kala masih jadi pemain pinjaman di Atletico dari Chelsea pada musim 2012-13 dan 2013-14.