Thibaut Courtois Tak Lelah Bicara Pentingnya Peran Kiper

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 22 Oktober 2022
Thibaut Courtois Tak Lelah Bicara Pentingnya Peran Kiper
Thibaut Courtois (Twitter)

BolaSkor.com - Thibaut Courtois kembali menunjukkan keresahannya sebagai seorang kiper. Ia menilai peran penjaga gawang masih dianggap kalah penting dari posisi lain dalam permainan sepak bola.

Courtois memainkan peran kunci dalam kesuksesan Real Madrid meraih gelar Liga Champions musim lalu. Kegemilangannya pada laga final membuat gawang Los Blancos tetap perawan dari gempuran para pemain Liverpool.

Namun Courtois hanya menempati peringkat ketujuh dalam daftar Ballon d'Or 2022. Ia kalah dari bintang-bintang lain yang berposisi sebagai penyerang dan gelandang.

Baca Juga:

Tembok Itu Bernama Thibaut Courtois

5 Kiper yang Siap Bersinar di Piala Dunia 2022

5 Fakta yang Mungkin Belum Anda Ketahui dari Thibaut Courtois

“Tahun lalu kami memenangkan Liga Champions bukan hanya berkat Vinicius, Valverde, Benzema atau Rodrygo. Itu juga berkat Courtois," kata Courtois dalam wawancara dengan L'Equipe.

Bukan rahasia lagi kalau peran kiper kurang disorot dalam kesuksesan sebuah tim. Terbukti hanya Lev Yashin, satu-satunya penjaga gawang yang pernah meraih Ballon d'Or atau supremasi pesepak bola terbaik dunia.

Penghargaan ini lebih identik dengan seorang penyerang atau gelandang serang. Peran bek apalagi kiper seolah tidak diperhatikan.

Namun Courtois menilai peran kiper jauh lebih krusial pada era sepak bola modern. Perannya tak kalah penting dengan gelandang dalam mengatur serangan.

“Kiper modern tidak lagi hanya untuk menyelamatkan gawang. Di sini, di Madrid saya juga harus memulai permainan, sayalah yang memberikan umpan pertama dan memutuskan bagaimana kami akan meningkatkan serangan atau bagaimana kami akan keluar dari tekanan lawan," tambahnya.

"Hari ini Anda (kiper) hampir menjadi seorang playmaker. Penjaga gawang jauh lebih penting daripada yang Anda pikirkan.”

Thibaut courtois Real Madrid Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan