Thierry Henry Bakal Jadi Pelatih Sukses Dunia

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Minggu, 14 Oktober 2018
Thierry Henry Bakal Jadi Pelatih Sukses Dunia
Thierry Henry (Zimbio)

BolaSkor.com - Thierry Henry resmi diangkat menjadi pelatih kepala AS Monaco. Mantan tangan kanan Roberto Martinez di timnas Belgia ini akan menangani bekas klubnya itu hingga 2021.

Ini merupakan pertama kalinya mantan pemain yang tercatat sudah 100 kali tampil di Ligue 1 Prancis ini menjadi pelatih. Meski begitu, Henry diyakini memiliki kapastitas untuk menjadi pelatih jempolan.

Tugas Henry di Monaco sendiri tidak akan mudah. Pasalnya dia ditunjuk sebagai pengganti Leonardo Jardim yang dipecat karena buruknya performa Monaco di awal musim Ligue 1.

Henry dihadapkan pada tantangan besar membawa Monaco keluar dari zona degradasi. Saat ini Monaco menempati urutan 18 klasemen dan terpaut empat poin dengan Stade Reims, yang berada di batas aman terakhir zona degradasi.

Henry memang tidak memiliki pengalaman di dunia kepelatihan. Pengalamannya hanya sebatas asisten pelatih Roberto Martinez di timnas Belgia. Namun, Henry memiliki guru yang hebat. Dia pernah dilatih dan belajar banyak dari arsitek top macam Arsene Wenger dan Pep Guardiola.

Tidak heran jika Henry diyakini memiliki potensi untuk sukses sebagai pelatih. Seperti yang diungkapkan Arsene Wenger.

"Pilihan yang bagus. Dia punya banyak kemampuan. Dia sangat cerdas dan mengerti sepak bola," ujar Wenger, yang juga pernah menjadi pelatih Monaco.

"Dia punya semua bahan. Tapi tentu saja dia juga membutuhkan keberuntungan."

Hal serupa dikemukakan mantan rekan Henry di Arsenal dan timnas Prancis, Robert Pires. "Ini pertanyaan yang sulit karena semua ini baru bagi Henry. Tidak ada yang tahu, bahkan dia, mengenai hal yang dapat dilakukannya sebagai manajer."

“Dia telah belajar banyak dengan Roberto Martinez dan ketika dia bermain dulu dengan Arsenal di bawah Wenger dan Barcelona dengan Pep Guardiola, dia telah belajar banyak,” kata Pires.

Thierry Henry AS Monaco Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.962

Bagikan