Thomas Doll Ungkap Kunci Sukses Patahkan Dua Kutukan Persija yang Bertahan Belasan Tahun

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Jumat, 07 April 2023
Thomas Doll Ungkap Kunci Sukses Patahkan Dua Kutukan Persija yang Bertahan Belasan Tahun
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll. (Media Persija)

BolaSkor.com - Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll, berhasil mematahkan dua kutukan yang 'menghantui' tim asuhannya dalam belasan tahun terakhir. Padahal Thomas Doll baru menjalani tahun perdananya sebagai pelatih Persija.

Yang pertama, Thomas Doll berhasil membawa Persija mengalahkan Arema FC di Malang pada 28 Agustus 2022. Ini merupakan kemenangan pertama Macan Kemayoran atas Singo Edan di Malang sejak 2003 atau dalam 19 tahun terakhir.

Thomas Doll juga memutus catatan negatif saat bersua Persebaya Surabaya. Dalam laga pekan ke-32 Liga 1 2022/2023, Rabu (5/4), Persija berhasil membungkam Persebaya lewat gol tunggal Witan Sulaeman.

Itu merupakan kemenangan pertama Persija atas Persebaya setelah di tujuh pertemuan sebelumnya, -sejak Persebaya promosi ke Liga 1 tahun 2018- tim Ibu Kota hanya meraih empat kali imbang dan tiga kekalahan.

Bahkan terakhir kali Persija menang atas Persebaya terjadi saat kompetisi kasta tertinggi di Indonesia masih bernama Indonesia Super League (ISL), tepatnya pada musim 2009/2010.

Persija menang dengan skor 4-3 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 29 November 2009. Artinya rekor ini bertahan hampir 14 tahun.

Baca Juga:

Persija Diterima dengan Baik saat Lawan Persebaya, Andritany Apresiasi Bonek

Arema FC Berusaha Raih 3 Poin Lawan Madura United meski Sudah Tak Ada Target

Persik Menyongsong Kompetisi Musim Depan, 10 Pemain Sudah Dipagari

"Kami bisa memecahkan rekor itu akibat saya dikelilingi orang-orang yang hebat. Mulai dari jajaran pelatih yang bagus, ofisial yang hebat, hingga para pemain yang dipenuhi motivasi dan rasa ingin belajar yang tinggi,” kata Thomas Doll.

"Saya senang mereka bisa memecahkan rekor lagi saat melawan Persebaya (1-0). Hal ini menunjukkan bahwa mereka bisa bermain di bawah tekanan dan orang-orang di belakangnya bisa membantu dengan baik,” ucapnya menambahkan.

Selain menghapus dua kutukan saat bertemu Arema FC dan Persebaya, Thomas Doll juga mencatatkan dua rekor positif lainnya di musim pertama menangani Macan Kemayoran.

Dua rekor yang dimaksud adalah menang 1-0 atas Barito Putera di Martapura sejak terakhir melakukannya pada tahun 2014. Lalu mantan pelatih Borussia Dortmund itu pun mampu membawa Persija untuk pertama kalinya meraih lima kemenangan beruntun di era Liga 1.

Lima kemenangan beruntun itu didapatkan Persija saat menghadapi RANS Nusantara (3-0), Persita Tangerang (1-0), Arema FC (1-0), Bhayangkara FC (2-1), dan Barito Putera (1-0).

Persija jakarta Thomas Doll Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.436

Bagikan