BolaSkor.com - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menerapkan regulasi yang lebih leluasa terkait klub mengikat pemain untuk Piala Menpora 2021. PT LIB tidak menerapkan kontrak pemain di turnamen pramusim tersebut.

"Yang penting ada perjanjian antara klub dan pemain sehingga jelas hak juga kewajibannya," kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno dikutip dari Antara.

PT LIB beralasan karena keuangan klub yang belum stabil akibat kompetisi Liga 1 2020 dibatalkan, usai dihentikan dari Maret 2020 akibat pandemi Virus Corona (COVID-19). Terlebih, Piala Menpora 2021 merupakan turnamen pramusim.

"Jadi tidak masalah menurunkan pemain asing, pemain senior dan pemain muda EPA (Elite Pro Academy)," tambahnya.

Sudjarno menambahkan, pemain asing diperbolehkan bermain dengan skema 3+1, seperti kompetisi Liga 1. Tiga pemain asing berasal dari luar Asia, dan satu pemain dari Asia.

Baca Juga:

Match Fee Piala Menpora 2021 Naik Menjadi Rp250 Juta

18 Klub Sepakat Ikut Piala Menpora, Undian Grup Digelar Tanggal 8 Maret



"Untuk pemain asing, boleh diturunkan yang penting ada dokumen resmi seperti Kitas (Kartu Izin Tinggal Terbatas)," tutur Sudjarno.

Mudah-mudahan tanggal 5 Maret 2021 sudah ada regulasinya, lalu kami minta tanggapan dari klub-klub untuk dibahas di rapat teknis," tambahnya.

Piala Menpora 2021 akan digelar pada 21 Maret sampai 25 April 2021. Piala Menpora 2021 akan diselenggarakan di empat kota berbeda, yakni Bandung, Solo, Sleman, dan Malang.

18 klub Liga 1 ikut serta dalam turnamen ini. Nantinya, ada dua grup berisikan empat klub, dan dua grup berisikan lima klub.

Format turnamen Piala Menpora 2021 menggunakan single round robin. Juara grup dan empat runner-up lolos ke babak delapan besar.

Di delapan besar, format menggunakan sistem single match. Jika hasil akhir imbang akan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu hingga adu penalti. Begitupun babak semifinal dan final.