Tidak Ada Lagi Pembalap Dominan di MotoGP

Andhika PutraAndhika Putra - Jumat, 03 Februari 2023
Tidak Ada Lagi Pembalap Dominan di MotoGP

BolaSkor.com - Mantan manager Suzuki, Livio Suppo, memberikan analisisnya mengenai peta persaingan MotoGPmusim 2013. Menurut pria berumur 58 tahun itu, kini semua pembalap memiliki peluang yang sama merebut gelar juara dunia.

Livio menuturkan, sangat sulit memprediksi siapa yang dapatmeraih gelar juara dunia di musim 2023. Pasalnya saat ini kemampuan para pembalap hampir merata.

Kondisi ini jelas berbeda dibandingkan era dulu. Ketika itu muncul satu pembalap yang dapat tampil dominan hingga publik dapat memprediksi siapa yang dapat meraih gelar juara. Tengok saja saat eranya Valentino Rossi atau MarcMarquez.

“Saya memperkirakan musim akan berjalan sangat ketat. Kita memiliki empat juara di empat tahun terakhir, Marc Marquez, Joan Mir, Fabio Quartararo, dan Francesco Bagnaia. Artinya olahraga ini sangat seimbang. Ini tidak lagi seperti beberapa tahun lalu ketika Marquez mendominasi,” ucap Livio, dikutip dari motogp.com.

“Kita juga meninggalkan era ‘empat rider terhebat’ yang terdiri dari Valentino Rossi, Casey Stoner, Jorge Lorenzo, dan Dani Pedrosa ke era 12 rider terhebat saat ini. Tidak ada lagi pembalap yang terlihat lebih kuat dibandingkan yang lain, kecuali jika Marquez bisa kembali seperti saat musim 2019. Kita tidak tahu apakah hal tersebut memungkinkan atau tidak,” tambahnya.

Terkait hal ini, Livio turut mengomentari peluang Quartararo di musim 2023 nanti. Menurut Livio, kesempatan El Diablountuk merebut gelar juara dunia dari tangan Bagnaia masih terbuka lebar.

Namun Quartararo tidak dapat mewujudkannya sendiri. Setidaknya Yamaha juga harus turun tangan untuk membantunya dengan memberikan motor yang lebih kompetitif.

“Quartararo adalah Quartararo. Dia berhasil membuktikan memjmj kecepatan dan mental yang kuat karena tidak mudah untuk menjalani hal yang dilakukannnya selama dua tahun terakhir, menjadi satu-satunya rider tercepat menggunakan motor yang sering dikritik orang karena kecepatannya. Jika Yamaha bisa memberikan sedikit kecepatan, maka Quartararo jelas bisa mewujudkannya,” pungkasnya.

Penulis: Bintang Rahmat

Breaking News Motogp
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan