BolaSkor.com - Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) meminta PSSI untuk membuat regulasi baru di mana setiap tim di Liga 1 dan Liga 2 2020 untuk menggunakan pemain U-20.

Hal ini diminta APSSI untuk mempermudahkan Timnas Indonesia U-19/U-20 melakukan persiapan jelang bergulirnya Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

Namun salah satu pengamat sepak bola, Hadi Gunawan mengatakan bahwa sebenarnya hal tersebut kurang begitu efektif. Pasalnya pemain bisa rentan cedera jika memang mereka bermain di kompetisi Liga 1 2020.

Baca Juga:

APSSI Minta Digelar Pramusim jika Kompetisi Dilanjutkan

APSSI Minta PSSI Adakan Regulasi Pemain U-20 di Liga 1 dan Liga 2 demi Piala Dunia U-20 2021

"Mengenai pemain, saya rasa tidak bijak jika ada regulasi tersebut. Jadi menurut saya mereka dimainkan sesuai dengan level usia mereka. Sebab pelatih juga ingin memantau pemain muda untuk bermain di Piala Asia U-16 dan U-19," kata Hadi ketika dihubungi BolaSkor.com.

PSSI sebenarnya memiliki wadah tersendiri untuk para pemain U-20, kompetisi tersebut ialag Elite Pro Academy U-20. Kompetisi ini sudah digelar sejak tahun lalu dan lebih realistis jika EPA U-20 digelar dibandinkan pemain harus bermain di Liga 1 2020.

Lebih lanjut, pria yang kerap disapa Bung Ahay ini juga menjelaskan selain Piala Dunia U-20, Timnas Indonesia juga memiliki satu agenda penting. Skuat Garuda Senior akan bermain pada gelaran Piala AFF 2020 yang akan berlangsung pada November mendatang.

"Timnas kan juga punya agenda penting lainnya, ada Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF 2020. Jadi PSSI juga harus fokus pada gelaran ini juga," pungkas Bung Ahay.