Tidak Disiplin, Christine Tjundawan Dilarang Perkuat Timnas Selama Setahun

Andhika PutraAndhika Putra - Jumat, 28 Juni 2019
Tidak Disiplin, Christine Tjundawan Dilarang Perkuat Timnas Selama Setahun
Christine Tjundawan (Srikandi Cup)

BolaSkor.com - Penggawa Tanago Friesian Jakarta, Christine Aldora Tjundawan, tak ada dalam daftar 24 pemain yang dipanggil mengikuti seleksi tim nasional basket putri Indonesia. Christine rupanya mendapat sanksi dari Perbasi karena melakukan tindakan indisipliner.

Christine dijatuhi hukuman atas tindakannya pada Asian Games 2019. Dalam Surat Keputusan Nomor: 001/PP/I/2019 yang dikeluarkan PP Perbasi tertanggal 7 Januari 2019, pebasket berposisi point guard itu disebut telah melanggar aturan karena meninggalkan wisma atlet tanpa izin.

"Menjatuhkan sanksi kepada Christie Aldora Tjundawan untuk tidak dapat mengikuti kegiatan Tim Nasional Indonesia baik kegiatan Tim Nasional yang diadakan di dalam negeri maupun luar negeri," bunyi surat keputusan PP Perbasi.

Baca Juga:

Rafael Nadal, Petenis Pertama Juara Satu Event Grand Slam Sebanyak 12 Kali

French Open 2019: Federer dan Pliskova Mulus, Kerber Tersingkir

Hukuman yang diterima Christine berlaku satu tahun mulai 7 Januari 2019. Kepala Bidang Hukum Perbasi, George Fernando Dendeng, memberi penjelasan mengapa induk organisasi basket tertinggi di tanah air akhrinya menjatuhkan sanksi tersebut.

"Waktu itu kan pemain tinggal di wisma atlet Kemayoran. Pertandingan memang sudah selesai, tapi tim belum dibubarkan," ujar George.

"Christine bilang mau keluar bertemu keluarga. Tapi tak ada keluarganya yang menghubungi pelatih untuk minta izin. Tapi meski pelatih melarang dia sudah hilang dan tak bisa dihubungi juga," sambungnya.

Tindakan indispliner yang dilakukan Christine Tjundawan cukup disayangkan mengingat pebasket kelahiran 22 Agustus 1998 itu memiliki kemampuan yang bisa diandalkan tim nasional basket putri Indonesia. Musim lalu bersama Tanago, Christine mencatatkan 15,6 poin per gim.

Breaking News Indonesia Basket Srikandi Cup
Ditulis Oleh

Andhika Putra

Posts

8.245

Bagikan