Tidak ke Final Piala Dunia 2022, Timnas Maroko Tetap Juara di Hati Rakyat

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 21 Desember 2022
Tidak ke Final Piala Dunia 2022, Timnas Maroko Tetap Juara di Hati Rakyat
Sambutan rakyat kepada timnas Maroko (Twitter)

BolaSkor.com - Piala Dunia 2022 berakhir dan banyak cerita menarik dari turnamen yang sudah berlangsung enam pekan tersebut, selain tentunya timnas Argentina dan Lionel Messi jadi juara dengan mengalahkan timnas Prancis di final.

Satu yang tak kalah menarik adalah kiprah tim Afrika, timnas Maroko. Keluar dari grup F sebagai pemuncak klasemen tanpa pernah kalah dengan tujuh poin, Maroko finish di atas Kroasia (finalis Piala Dunia 2018), Belgia, dan Kanada.

Perjalanan mereka mulai dapat sorotan ketika di 16 besar sanggup menahan gempuran dan membuat Spanyol frustrasi hingga berakhir imbang tanpa gol. Maroko menang di drama adu penalti dan kiper mereka Yassine Bounou jadi protagonis.

Pada perempat final Maroko bertemu Cristiano Ronaldo dkk alias timnas Portugal, tim yang menang 6-1 atas Swiss di 16 besar. Akan tapi kemenangan dengan skor besar itu tidak dapat diulangi saat melawan Maroko.

Baca Juga:

Berbau Klenik, Lionel Messi Kenakan Gelang Merah Keberuntungan saat Bawa Argentina Juara

Piala Dunia 2022: Surat Terbuka Pele untuk Lionel Messi, Argentina, Maroko, dan Kylian Mbappe

Berubah Pikiran, Lionel Messi Urung Pensiun Usai Menangi Piala Dunia 2022

Alih-alih melakukannya Portugal dibuat frustrasi dengan kuatnya pertahanan Maroko, yang kemudian menang 1-0 dari gol Youssef En-Nesyri. Perjalanan Maroko baru berakhir di semifinal ketika kalah 0-2 kontra Prancis.

Dengan mencapai semifinal saja sudah jadi pencapaian besar bagi Maroko, sebab mereka jadi tim pertama dari Afrika yang melakukannya plus jadi tim keempat Afrika yang bermain di perempat final Piala Dunia.

Pada akhirnya dalam perebutan peringkat tiga lawan Kroasia pun Maroko kalah 1-2. Kendati kalah dan pulang tanpa membawa apapun dari Qatar, Maroko tetap jadi juara rakyat khususnya masyarakat Maroko.

Hal itu terlihat saat mereka kembali ke kampung halaman dari Qatar. Dilansir dari Dailymail, selayaknya tim juara, Maroko disambut dengan ribuan fans yang memadati jalan di Kota Rabat dan berbaris di jalan, sembari bernyanyi, mengibarkan bendera dan menyalakan flare.

Skuad Maroko dan Walid Regragui juga disambut di Istana Kenegaraan Maroko oleh Raja Mohammed VI, Pangeran Moulay El Hassan dan Pangeran Moulay Rachid. Raja Mohammed juga mengapresiasi kerja keras timnas Maroko sepanjang turnamen.

Regragui bersama dengan Presiden Asosiasi Sepak Bola Maroko, Faouzi Lekjaa, juga diangkat menerima penghargaan Order of the Throne, atau gelar kehormatan tertinggi kedua, sementara para pemain menerima gelar kehormatan tertinggi ketiga.

"Sebelum turnamen kami diberi peluang 0,01 persen untuk melakukan ini, dan kami mencapai empat besar," kata Reragui.

"Kami sekarang adalah salah satu dari empat tim teratas di dunia, dan jika Anda memberi tahu saya sebelum turnamen, saya akan mengambilnya. Saya tidak akan mengubah apapun."

Maroko Timnas Maroko Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan