Tidak Semua Treble Itu 'Treble'

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 26 Mei 2023
Tidak Semua Treble Itu 'Treble'

BolaSkor.com - Manchester City sudah ada dalam sepertiga perjalanan menuju treble kontinental yang langka terjadi. Sepanjang sejarah, pencapaian ini hanya bisa diraih tujuh klub di Eropa.

Dari pengertian harfiah, treble adalah ketika klub memenangi tiga trofi. Namun, trofi apa saja dan bagaimana perbedaannya dari satu negara ke negara lain?

Di Inggris, jawaban paling sederhana “kompetisi yang masih diikuti Manchester City,” yaitu Piala FA dan tentunya Liga Champions. Pasukan Pep Guardiola menghadapi Manchester United dalam salah satu derby Manchester paling signifikan sepanjang masa di Wembley akhir pekan nanti.

Baca juga:

Erling Haaland Ukir Rekor Berusia 92 Tahun, Winston Churchill Bahkan Belum Jadi PM Ingggris

Rencana Arsenal Usai Gagal Bendung Manchester City Juara Premier League

Tidak Benar Manchester City Ganggu Upaya Liverpool Datangkan Mac Allister

Selain berambisi untuk mengalahkan rival sekota, MU juga akan berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan rekor mereka sebagai satu-satunya klub Inggris yang memenangkan treble.

City lolos ke final Liga Champions setelah menghancurkan Real Madrid. Pada final, tak pelak lagi City menjadi favorit untuk mengalahkan wakil Italia Inter Milan di Istanbul, sepekan setelah final Piala FA.

Trofi apa yang menjadi bagian dari 'treble' kontinental?

Definisi luas dari 'treble' kontinental adalah memenangkan kompetisi piala domestik utama dan kompetisi kontinental utama, selain liga domestik teratas.

Sepak bola Inggris adalah anomali karena terdapat dua piala domestik (Piala Liga dan Piala FA). Jika City, atau klub lain mana pun, memenangkan Piala Liga, Premier League, dan Liga Champions, itu tidak akan dianggap sebagai 'treble' yang sebenarnya.

Demikian pula, hanya Liga Champions yang dianggap sebagai bagian dari 'treble' kontinental, mengesampingkan Liga Europa dan Conference League yang baru dibentuk.

Pada 2000-01, Liverpool memenangkan treble yang terdiri dari Piala FA, Piala Liga, dan Piala UEFA daripada 'treble'.

Lebih daripada 'treble'

Semua jenis Piala Super domestik atau kontinental biasanya juga tidak dihitung, meskipun sering kali dimasukkan ketika berbicara tentang pencapaian klub di luar memenangkan 'treble'. Misalnya, Barcelona (2008-09) dan Bayern Munchen (2019-20) keduanya dikatakan telah memenangkan 'sextuple', termasuk 'treble', bersama dengan Piala Super domestik mereka, Piala Super UEFA, dan Piala Dunia Antarklub.


Domestik treble

Di Inggris (bersama dengan negara-negara lain seperti Skotlandia, Portugal dan, hingga saat ini, Prancis), juga memungkinkan untuk memenangkan treble domestik karena ada dua kompetisi piala.


'Trebles' Kontinental terus meningkat

Klub Skotlandia Celtic adalah yang pertama memenangkan 'treble' kontinental pada 1966-67, di era ketika sepak bola klub Eropa tidak didominasi oleh klub dari beberapa negara saja.

Barcelona dan Bayern adalah satu-satunya klub yang memenangkannya dua kali, dengan Barca dan Inter memenangkan 'trebles' dalam beberapa musim berturut-turut.

Lima 'treble' telah dicapai dalam 15 tahun terakhir, yang mungkin menunjukkan bahwa semakin sedikit klub yang memenangkan lebih banyak trofi.

Liga Champions Manchester Biru Breaking News
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.962

Bagikan