BolaSkor.com - Manchester City memang berhasil mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor 2-1 pada leg pertama perempat final Liga Champions 2020-2021. Namun pertandingan ini diwarnai tiga momen kontroversial.

Manchester City tampil jauh lebih dominan dalam laga yang berlangsung di Etihad Stadium, Rabu (7/4) dini hari WIB. The Citizens unggul mutlak dalam hal penguasaan bola dengan persentase mencapai 59 persen.

Manchester City akhirnya mampu memecahkan kebuntuan saat laga memasuki menit ke-19. Kevin De Bruyne mencatatkan namanya di papan skor lewat skema serangan balik yang apik.

Baca Juga:

Manchester City 2-1 Dortmund: The Citizens Menang Dramatis

Ketika Sinar Erling Haaland Meredup di Hadapan Guardiola

Guardiola Akui Tak Suka Beli Pemain Berharga Selangit

Sepuluh menit berselang, momen kontroversial pertama dalam pertandingan ini terjadi. Hadiah penalti untuk Manchester City usai Emre Can dianggap melanggar Rodri dianulir VAR.

Dari tayangan ulang, Can terlihat mengangkat kaki terlalu tinggi dan mengenai lutut Rodri meski ada indikasi diving. Jadi keputusan wasit membatalkan penalti bisa diperdebatkan.

Pada menit ke-38, momen kontroversial berikutnya terjadi. Dortmund harus kecewa setelah gol balasan yang dicetak Jude Bellingham tak disahkan wasit.

Insiden Jude Bellingham dan Ederson.

Wasit yang bertugas, Ovidiu Hategan menilai Bellingham lebih dulu melakukan pelanggaran saat memotong sapuan Ederson di luar kotak penaltinya. Kakinya dianggap terangkat terlalu tinggi.

Keputusan ini kembali mengundang perdebatan. Dari tayangan ulang, Bellingham lebih dulu menyentuh bola tanpa mengenai kaki Ederson.

ironisnya, Bellingham justru diganjar hukuman kartu kuning karena insiden tersebut. Hal ini secara tak langsung mengganggu konsentrasi para pemain Dortmund.

Momen kontroversial terakhir terjadi usai pertandingan. Seorang asisten wasit bernama Octavian Sovre tertangkap kamera meminta tanda tangan Haaland di lorong stadion.

Momen asisten wasit meminta tanda tangan Haaland

Perilaku tersebut tentu menimbulkan keraguan terkait kredibilitas sang pengadil saat bertugas. Apalagi hal itu dilakukan di depan pemain lain.

Guardiola angkat bicara

Manajer Manchester City, Pep Guardiola menilai tiga momen kontroversial tersebut tidak saling berkaitan. Ia tak melihat ada sesuatu yang aneh dari kinerja wasit dalam pertandingan ini.

"Wasit brilian, tidak ada masalah dalam pertandingan. Setelah dicek VAR, orang-orang mengatakan kepada saya itu (pelanggaran Emre Can) bukan penalti," kata Guardiola usai pertandingan.

"Sementara aksi Bellingham, kakinya lebih tinggi dari yang diharapkan sehingga keputusan hakim garis itu sempurna."

Guardiola juga tidak mempermasalahkan perilaku asisten wasit yang meminta tanda tangan Haaland. Namun ia mengaku tak melihat momen tersebut.

"Mungkin dia penggemar Haaland atau Mungkin untuk putra dan putrinya, jadi mengapa tidak? Saya belum pernah melihat hal ini sebelumnya, tetapi mereka melakukan pekerjaan dengan baik."