BolaSkor.com - Pelatih Arema FC, Milan Petrovic, tampak tak mau setengah hati dalam membenahi merosotnya prestasi tim Singo Edan. seperti diketahui, Arema FC harus terbenam di papan bawah, bahkan sampai mengendap di dasar klasemen dalam delapan pekan kompetisi Liga 1 2018.

Salah satu hasil evaluasi yang sudah disodorkan kepada manajemen adalah soal kinerja tiga pemain asing. Setelah melepas Balsa Bozovic, keberadaan Arthur Cunha, Thiago Furtuoso, dan Ahmet Atayev mulai mendapatkan sorotan cukup tajam.

Jika dibandingkan dengan tim lain, kinerja pemain asing milik Arema FC masih kurang maksimal. Hal itu merujuk pada analisa Milan Petrovic sepanjang bergabung dengan Arema FC pada April silam.

"Dia menganggap pemain asing di Arema FC kurang maksimal. Kenapa? Karena performa tim justru semakin baik saat mereka tidak bermain," kata General Manager Arema FC, Ruddy Widodo.

"Padahal, pemain asing seharusnya berpengaruh besar. Sebuah tim performanya menurun jika pemain asingnya absen, atau malah naik saat mereka tampil," tambahnya.

Dari segi penampilan, tiga pemain asing Arema FC yang ada saat ini memang masih kalah dibanding pemain lokal. Dua putra daerah, Dendi Santoso dan Johan Al Farisi menjadi pemain yang paling banyak tampil untuk Arema FC dengan 12 kali, atau hanya satu kali absen.

Sedangkan untuk pemain asing, hanya Arthur Cunha dan Ahmet Atayev yang memiliki keterlibatan diri tinggi bersama tim, lewat 10 kali tampil. Sementara Thiago Furtuoso satu kali lebih sedikit dari mereka, disusul Balsa Bozovic dengan 5 kali saja.

"Coach Milan tentu punya penilaian sendiri dalam hal kinerja pemain asing, apakah layak dipertahankan atau tidak. Bergantung kepada mereka sendiri," tutupnya. (Laporan Kontributor Kristan Joan/Malang)