BolaSkor.com - Bintang Brasil berusia 28 tahun Neymar sudah memasuki tahun ketiga memperkuat Paris Saint-Germain (PSG) setelah pindah dari Barcelona. Dalam kurun waktu tersebut Neymar tidak bisa disebut tampil sesuai ekpektasi, baik itu dari jumlah laga hingga kontribusi yang diberikannya.

Padahal, tidak murah bagi PSG merekrut Neymar tiga tahun silam dengan banderol 222 juta euro yang menjadikannya pemain termahal dunia sampai saat ini. Tapi yang terjadi Neymar justru lebih sering cedera dan absen lama.

PSG berharap banyak dari produk akademi Santos itu, namun yang terjadi Neymar baru tampil 80 kali dari 155 laga PSG sejak 2017. Itu hanya 51 persen dari total laga PSG dan rata-rata memainkan 26 laga per musimnya.

Baca Juga:

Barcelona Tak Sanggup Bayar Gaji Neymar seperti di PSG

Benang Kusut pada Pertemuan Rahasia Barcelona dengan Neymar

Kembali ke Barcelona atau Tidak, Neymar Akan Tentukan Sendiri

Neymar

Catatan itu - menurut Marca - tidak setara dengan banderol 222 juta euro dan bayaran 37 juta euro (Rp 617 juta) kepadanya per musim. Setiap penampilannya membuat PSG mengeluarkan 1.400.000 euro, artinya PSG membayarkan 111 juta euro (Rp 1 triliun) untuk 80 laga Neymar.

Sebagian besar dari laga-laga yang tak dimainkan Neymar terjadi karena cedera. Pada beberapa laga besar seperti melawan Real Madrid dan Manchester United Neymar absen, sebelum Piala Dunia 2018 dia juga melewatkan 100 hari dengan PSG karena cedera - hanya bermain 30 laga dari total 56 laga pada 2017-18.

Pada musim berikutnya Neymar kembali absen 88 hari dan bermain 28 kali dari 55 laga. Pada Juni 2019 Neymar cedera engkel kaki dan ia absen di awal musim 2019-20, lalu sempat kembali dan cedera lagi pada Oktober.

Sejauh ini Neymar baru tampil 22 kali dari kemungkinan 44 laga musim ini dengan PSG sebelum liga dihentikan karena virus corona. Hal itu tentu menjadi perhatian PSG. Mereka bisa jadi berpikir untuk menjualnya dan berinvestasi kepada pemain lain, apalagi dengan penghasilan besarnya itu.