BolaSkor.com - Saat tiba pada 2015, tidak banyak yang percaya jika Jurgen Klopp bisa mengubah Liverpool menjadi tim seperti sekarang. Sir Alex Ferguson masuk ke dalam yang tidak banyak itu.

Sejak pertama kali mendarat, Jurgen Klopp mampu mengubah Liverpool dan membawa kembali The Reds ke deretan klub papan atas di Inggris dan Eropa.

Pada musim pertamanya, eks pelatih Borussia Dortmund itu membawa Liverpool tampil di final Piala Liga dan Liga Europa. Meski akhirnya gagal meraih trofi ada pemandangan berbeda di tubuh Liverpool.

Baca Juga:

10 Manajer dengan Raihan Kemenangan Terbanyak di 150 Laga Premier League

150 Laga Premier League, Jurgen Klopp Transformasi Liverpool

Hingga akhirnya pada 2019, Klopp membawa Liverpool menjadi juara Liga Champions usai mengalahkan Tottenham Hotspur di laga final. Klopp juga nyaris membawa Liverpool mengakhiri puasa juara Premier League. The Reds gagal menjadi kampiun walau berhasil meraup 97 poin dan harus puas di peringkat kedua.

Musim ini Klopp membukanya dengan mengiringi Liverpool meraih Piala Super Eropa usai membekuk Chelsea. Klopp juga terpilih menjadi Pelatih Terbaik FIFA 2019. Tidak hanya itu, saat ini Liverpool duduk di puncak klasemen Premier League setelah mencatat hasil sempurna hingga pekan kedelapan.

Jika melihat lagi ke belakang, apa yang dihadirkan Klopp di Liverpool sudah diprediksi oleh Sir Alex Ferguson. Manajer legendaris Manchester United yang pensiun dua tahun sebelum datangnya Klopp bahkan sudah memperkirakan Liverpool akan berada di atas mantan asuhannya.

"Dia (Klopp) sudah melakukan pekerjaannya dengan sangat baik. Dia menghidupkan kembali antusiasme di Liverpool," ujar Ferguson pada 2016 dikutip talkSport.

"Selama dua dekade Liverpool berganti manajer tanpa membangun identitas sendiri. Kini Anda benar-benar bisa merasakan kalau Liverpool harus mulai diperhitungkan."

"Saya khawatir. Karena satu hal yang tidak diinginkan Manchester United adalah Liverpool berada di atas kami," ujar Ferguson.

Melihat apa yang terjadi musim lalu dan saat ini, apa yang dicemaskan Ferguson sudah terjadi. United kini berada jauh di bawah Liverpool. Posisi United bahkan bisa lebih terpuruk jika mereka gagal meraih hasil maksimal saat menjamu pasukan Klopp di Stadion Old Trafford, Minggu (20/10).