Tim 3x3 Jatim Proyeksi PON Terus Panaskan Mesin

Frengky AruanFrengky Aruan - Minggu, 26 Februari 2023
Tim 3x3 Jatim Proyeksi PON Terus Panaskan Mesin
Aksi para pemain bola basket 3x3 di GOR CLS. (BolaSkor.com/Keyzie Zahir)

BolaSkor.com - Sebanyak 50 tim putra dan putri meramaikan ajang bola basket bertajuk Livin by Mandiri 3x3 Tournament. Mereka tampil dalam City Selection Mandiri Indonesia 3x3 Tournament edisi kedua untuk wilayah Surabaya yang digelar di GOR CLS.

Sebanyak 50 tim itu terbagi menjadi tim KU-18 dan KU-23. Selain digelar di Surabaya, seleksi juga akan dilakukan di Lamongan, Sabtu (4/3) mendatang. Selanjutnya, hasil dari seleksi di Surabaya dan Lamongan bakal dipertandingkan lagi di Malang, 11-12 Maret 2023.

Turnamen ini lantas dijadikan sarana memoles tim pemusatan latihan daerah (puslatda) bola basket Jawa Timur proyeksi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara.

"Kami memang sengaja menurunkan semua pemain puslatda untuk main di ajang 3x3 ini. Sekalian kami ingin melihat kemampuan mereka. Sebab ini bagian dari seleksi. Jadi kami memantau bagaimana mereka berkompetisi di sebuah pertandingan," ucap head coach basket 3x3 Jatim Jovita Elizabeth Simon.

Sebelumnya, tim Jatim mendominasi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bola Basket 3X3 kelompok umur (KU) di Sleman City Hall Yogyakarta, 27-29 Januari lalu. Jatim memborong 3 gelar juara dari 6 nomor yang dipertandingkan. Mereka meraih juara pada KU-16 Putra, dan mengawinkan juara KU-23 putra-putri.

Tim basket 3x3 Jatim proyeksi PON 2024 turun dengan kekuatan 12 putri dan putra. Mereka turun di KU-18 dan KU-23. "Kalau untuk KU-23 hanya ikut putra saja," sebut Jovita.

Menurutnya, daerah lain juga mempersiapkan tim untuk ke PON dengan mengikuti ajang ini. Karena itu, kata Jovita, tim Jatim menargetkan lolos ke babak nasional turnamen ini.

"Dengan mengusung target medali emas PON, tentu di ajang Livin by Mandiri 3x3 Tournament ini adalah bisa mewakili Jatim ke nasional. Supaya bertemu dengan daerah lain yang bagus. Itu yang kami nantikan," jelas Jovita.

"Sebab anak-anak dari daerah lain seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, dan DKI Jakarta juga ikut turnamen ini," tandasnya.

Sementara itu, Donald, Technical Delegate Livin by Mandiri 3x3 Tournament berharap muncul talenta muda berbakat yang nantinya bisa meneruskan perjuangan seniornya di timnas bola basket Indonesia.

"Ini untuk mencari pemain-pemain baru 3x3, muaranya untuk timnas Indonesia. Sejauh ini dari PP Perbasi juga melakukan scouting untuk mencari bibit-bibit berbakat," sebutnya. (Laporan Kontributor Keyzie Zahir/Surabaya)

PON Jawa Timur
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan